Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Nias Utara, Getaran Dirasakan Hingga Gunungsitoli

Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Nias Utara, Getaran Dirasakan Hingga Gunungsitoli
PERISTIWA | 8 Juli 2020 13:23 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Gempa bumi dengan magnitudo 5,0 yang berpusat di Nias Utara, Rabu (8/7), pukul 11.03 WIB, sempat membuat panik warga Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara.

Jul Fau, seorang warga setempat yang ditemui sedang minum kopi di salah satu kedai di Gunungsitoli, Rabu (8/7), mengaku getaran gempa cukup kuat. Namun, dia mengaku berusaha tetap tenang dan tidak lari ketika merasakan terjadinya gempa itu.

Dia mengatakan, teman-temannya lari ke arah tempat yang relatif aman karena takut gempa semakin kuat dan kedai kopi yang mereka singgahi ambruk.

"Getaran gempa cukup kuat, dan teman teman saya banyak yang lari keluar, takut bangunan permanen lantai dua tempat kami minum kopi ambruk," ujar dia.

Gempa juga sempat membuat sejumlah warga yang sedang berbelanja kain di beberapa toko di Kota Gunungsitoli panik.

"Saya takut gempa makin kuat, makanya saya lari keluar toko ketika sedang melihat lihat baju yang hendak saya beli," ujar Suri, warga setempat.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kota Gunungsitoli, pusat gempa berada 47 kilometer barat daya Nias Utara, Sumatera Utara. Gempa magnitudo 5,0 dengan pusat di Nias Utara terasa hingga Kota Gunungsitoli dan Kabupaten Nias, Sumatera Utara. Dikutip Antara. (mdk/gil)

Baca juga:
Penjelasan BMKG Terkait Getaran Gempa Banten Dirasakan hingga Jakarta
BMKG: Rentetan Gempa Hari Ini Tidak Saling Berhubungan
Gempa Rangkasbitung Akibat Subduksi Lempeng Indo-Australia
Gempa di Rangkasbitung, Warga Jakarta Rasakan Guncangan
Gempa M 5,4 di Rangkasbitung, Getaran Sampai ke Jakarta
Fenomena Langka, Ini 4 Fakta Terjadinya Gempa di Perairan Utara Jawa

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami