Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Malang, Warga Panik Berhamburan ke Luar Ruangan

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Malang, Warga Panik Berhamburan ke Luar Ruangan
ilustrasi gempa. ©2020 Merdeka.com
NEWS | 22 Oktober 2021 10:30 Reporter : Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Guncangan gempa dirasakan oleh warga Malang dan sekitarnya. Gempa mengagetkan warga yang tengah mengawali aktivitas di pagi hari. Guncangan gempa berskala magnitudo 5,3, terjadi sekitar pukul 09.20 WIB dan menimbulkan kepanikan warga.

"Posisi saya sedang duduk bersila di kursi, tiba-tiba kursi yang saya duduki kayak bergerak. Saya dan beberapa orang langsung lari ke luar," ungkap Umi Qoidah di Malang, Jumat (22/10).

Umi mengaku bersama 5 orang lainnya berada di sebuah perkantoran di kawasan Kota Malang. Begitu sadar terjadi gempa, langsung berteriak mengajak teman yang lain keluar gedung.

"Kejadiannya begitu cepat, teman saya juga sebagian tidak merasa. Ikut lari. Tetapi ada juga yang merasa kursinya bergerak," katanya.

Makmuri, Kepala BMKG Karangkates Malang mengungkapkan, gempa dalam skala magnitudo 5,3 terjadi sekitar pukul 09:21:15 WIB.

"Lokasi gempa di 8.84 Lintang Selatan dan 112.51 Bujur Timur berada 78 Km Barat Daya Kabupaten Malang. Pusat gempa di Kedalaman 33 Km," kata Makmuri dalam pesannya.

Sementara Sekretaris BPB Kabupaten Malang, Bagyo Setyono mengaku sedang melakukan pemantauan terkait gempa tersebut. "Sementara aman. Laporan wilayah pesisir selatan melalui radio dan phone temen potensi sar, sementara aman. Perkembangan menonjol kami sampaikan berikutnya," pesan Bagyo.

Hingga saat ini kondisi masih aman dan belum diterima laporan adanya kerusakan. (mdk/eko)

Baca juga:
Gempa Magnitudo 5,3 Guncang di Barat Daya Malang
Rumah Warga di Bali Rusak Terdampak Gempa Bertambah Menjadi 2.303
Dampak Gempa Bali, 27 Sekolah di Kabupaten Bangli Rusak
Warga Tarakan Rasakan Getaran Dampak Gempa Tektonik Magnitudo 3,7
Dampak Gempa Bali: 617 Rumah Rusak Berat dan 1.203 Rusak Ringan
Buron 8 Tahun, Koruptor Bantuan Gempa Yogyakarta Ditangkap di Hotel di Bandung

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami