Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Pangandaran, Getaran Terasa Sampai Tasikmalaya

Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Pangandaran, Getaran Terasa Sampai Tasikmalaya
PERISTIWA | 25 Oktober 2020 09:27 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah

Merdeka.com - Gempa dengan magnitudo 5,9 yang terjadi di laut Jawa tepatnya 90 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada Minggu (25/10). Gempa tersebut dilaporkan tidak berpotensi tsunami.

Informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) episenter gempa yang terjadi pukul 07.56.45 WIB itu terletak pada 8.22 Lintang Selatan, 107.87 Bujur Timur pada kedalaman 10 km.

Gempa bumi tersebut cukup dirasakan kuat oleh sejumlah warga di Kabupaten Pangandaran, Garut, Tasikmalaya, dan daerah lainnya. Warga berhamburan keluar rumah karena khawatir merusak bangunan.

BNPB menyatakan gempa sempat dirasakan kuat selama lima detik di Pangandaran, dua detik di Kota Tasikmalaya, dan selama dua detik di Kabupaten Tasikmalaya

Seorang warga Perumahan Malayu Selaras, Ningrum, mengatakan, saat gempa sedang beraktivitas memasak di dapur lalu lari keluar rumah karena guncangannya cukup kuat.

"Gempanya terasa kencang, saya langsung spontan keluar rumah," katanya dilansir Antara, Minggu (25/10).

Selain Ningrum, warga lainnya di kompleks perumahan yang sama merasakan guncangan gempa yang kuat lalu berlarian keluar rumah dan berkumpul di tengah jalan.

Guncangan gempa tersebut, kata Ningrum, membuat panik, apalagi pernah merasakan trauma dengan kejadian gempa dahulu pada September 2009 di Tasikmalaya.

"Saking besarnya gempa, membuat saya panik, anak saya yang kecil saja ketinggalan di kamar mandi," katanya.

Baca Selanjutnya: Selain warga Garut beberapa warga...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami