Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Barat Daya Nias, Getaran Dirasakan hingga Padang

Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Barat Daya Nias, Getaran Dirasakan hingga Padang
Gempa bumi. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 20 April 2021 10:09 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Gempa dengan magnitudo 6,1 terjadi di barat daya Nias Barat, Sumatera Utara, pada Selasa (20/4) pukul 06.58 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyimpulkan gempa yang dirasakan hingga Kota Padang, Sumatera Barat, itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Berdasarkan siaran informasi BMKG, gempa bumi dangkal yang terjadi akibat aktivitas tektonik pada Lempeng Samudera Hindia itu awalnya bermagnitudo 6,4, kemudian diperbarui menjadi 6,1. Pusat gempa berada di koordinat 0,17 Lintang Utara dan 96,48 Bujur Timur, tepatnya di laut sekitar 140 km arah barat daya Nias pada kedalaman 16 km.

Getaran akibat gempa bumi ini dirasakan di Nias Barat, Gunung Sitoli, Pakpak Bharat, Aceh Singkil, Aek Godang, Padang Sidempuan, Pariaman, Padang Pariaman, hingga Padang.

Getaran gempa dirasakan di Nias Barat pada II sampai III skala Mercalli (Modified Mercalli Intensity/MMI) serta Gunung Sitoli (Sumatera Utara) pada skala I sampai II MMI.

Getaran gempa juga dirasakan Aek Godang, Padang Sidempuan, dan Pakpak Bharat di Sumatera Utara; Pariaman, Padang Pariaman, dan Padang di Sumatera Barat; serta Aceh Singkil di Aceh pada skala II MMI.

Pada skala I MMI getaran tidak dirasakan, kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang; pada skala II MMI getaran dirasakan beberapa orang dan menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang; dan pada skala III MMI getaran dirasakan nyata di dalam rumah, terasa seperti ada truk berlalu.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan, belum ada laporan mengenai kerusakan yang terjadi akibat gempa bumi itu. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan sesar turun," kata Bambang seperti dilansir Antara.

Dia menambahkan, berdasarkan hasil pemodelan menunjukkan gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami. (mdk/yan)

Baca juga:
Gempa Magnitudo 6,1 di Nias, Warga Gunungsitoli Panik Berhamburan ke Luar Rumah
Maluku Diguncang Gempa Magnitudo 5,7, Tak Berpotensi Tsunami
Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Kepulauan Talaud, Tidak Berpotensi Tsunami
Sumbawa Barat Diguncang Gempa Magnitudo 5,5, Getaran Terasa hingga Mataram
Nias Diguncang Gempa 5,5 Magnitudo, Ini Penjelasan BMKG

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami