Gerebek Rumah di Gunungkidul, Densus 88 Ledakkan Bom Panci

PERISTIWA | 20 November 2019 19:04 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Densus 88 menggerebek sebuah rumah sekaligus toko kelontong di Dusun Ngunut Tengah, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Rabu (20/11). Selain menggerebek, Densus 88 pun juga menggeledah rumah ditinggali keluarga Markino tersebut.

Ketua RW setempat, Sunarto mengaku bersama Lurah Ngunut, Kepala Dukuh Ngunut Tengah dan Ketua RT 12 dilibatkan Densus 88 sebagai saksi saat penggeledahan rumah Markino.

Sunarto mengungkapkan Densus 88 menemukan panci berisi bahan peledak dan diduga merupakan bom panci saat menggeledah rumah Markino. Sunarto merinci jika Densus 88 sempat mendisposal sebuah panci.

"Kata petugas tadi yang diledakkan itu untuk menjinakkan bom. Katanya yang diledakkan itu bom yang sudah siap meledak," ujar Sunarto.

1 dari 2 halaman

Bom Bentuk Panci

Sunarto menerangkan pendisposalan bom berbentuk panci dilakukan sekitar pukul 12.00 WIB. Bom berbentuk panci ini didisposal di depan rumah Markino.

Saat pendisposalan bom berbentuk panci ini, Sunarto diminta menjauh dari lokasi. Sunarto menyebut bahwa suara bom berbentuk panci yang didisposal terdengar keras.

"Saya lihatnya dari jauh karena tidak boleh mendekat. Suaranya keras tapi bangunan rumah (Markino) tidak sampai bergetar saat bom diledakkan," papar Sunarto.

2 dari 2 halaman

Senapan Rakitan

Selain bom berbentuk panci yang sudah didisposal, Sunarto menambahkan Densus 88 mengamankan empat buah panci lainnya. Empat buah panci ini berisi bahan peledak dan memiliki rangkaian kabel.

"Ada empat panci yang dibawa Densus 88. Ada senapan api rakitan, peluru, senapan angin, senjata tajam bentuk pedang, busur sama anak panahnya dan buku-buku," pungkas Sunarto. (mdk/gil)

Baca juga:
Selain Panci Isi Bahan Peledak, Densus Juga Sita Senjata Api Rakitan, Busur & Pedang
Geledah Rumah Terduga Teroris, Densus Sita 4 Panci Rangkaian Kabel dan Bahan Peledak
Pemilik Rumah di Gunungkidul Yang Digerebek Densus 88 Pendatang dan Dikenal Tertutup
Anggota Densus 88 yang Ditusuk Terduga Teroris Masih Dirawat di RS Bhayangkara
Densus 88 Tangkap 71 Orang Usai Peristiwa Bom Medan
Usai Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan, Densus 88 Ciduk 74 Teroris
Densus 88 Gerebek Sebuah Rumah di Gunungkidul