Gerhana Bulan Bakal Muncul 11 Januari, Ini Fakta-faktanya

Gerhana Bulan Bakal Muncul 11 Januari, Ini Fakta-faktanya
PERISTIWA | 8 Januari 2020 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Di awal 2020, fenomena alam Gerhana Bulan samar-samar atau Penumbra akan kembali muncul di Indonesia, tepatnya pada 11 Januari 2020. Kemudian gerhana Bulan akan muncul kembali pada Juni 2020, Juli 2020, dan November 2020. Meski begitu, belum diketahui apakah gerhana bulan akan bisa terlihat di Indonesia atau tidak.

Sebelum 11 Januari 2020, Gerhana Bulan Penumbra juga pernah muncul di Indonesia pada 2013, 2016 dan 2017. Berikut fakta-fakta kemunculan fenomena alam Gerhana Bulan Penumbra di Indonesia:

1 dari 3 halaman

Bisa Dilihat di Seluruh Wilayah Indonesia

Gerhana Bulan Penumbra bisa dilihat diseluruh wilayah Indonesia, khususnya wilayah Indonesia bagian barat. Gerhana bulan ini akan muncul pada 11 Januari pukul 00.07 dan puncaknya pukul 02.10. Gerhana bulan akan berakhir pada pukul 04.00 wib.

2 dari 3 halaman

Proses Gerhana Bulan Penumbra

Dilansir dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Gerhana Bulan Penumbra adalah peristiwa ketika Bulan masuk ke bayang-bayang penumbra Bumi, sehingga Bulan masih dapat terlihat dengan cahaya yang lebih redup.

Peristiwa ini merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Aman Bagi Mata

Berbeda dengan Gerhana Matahari, masyarakat bisa melihat Gerhana Bulan Penumbra dengan mata telanjang atau dengan teleskop. Cahaya Gerhana Bulan Penumbra tidak berbahaya bagi mata saat dilihat. (mdk/dan)

Baca juga:
Fenomena Gerhana Bulan Parsial di Sejumlah Negara
Penampakan Gerhana Bulan Saat Lintasi Jakarta
Gerhana Bulan Sebagian Alami Puncaknya pada Dini Hari Tadi
Waktu, Niat, dan Tata Cara Salat Gerhana Bulan
Gerhana Bulan 17 Juli Bisa Dilihat di Seluruh Indonesia, Ini Waktunya
Saksikan Gerhana Bulan Parsial Malam Ini, Terakhir Dalam Dua Tahun ke Depan!

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Curhat Siswa Lulusan Tanpa Ujian Nasional

5