Gerindra Dukung Gibran di Pilkada Solo, PAN Akui Peluang Koalisi dengan PKS Tipis

Gerindra Dukung Gibran di Pilkada Solo, PAN Akui Peluang Koalisi dengan PKS Tipis
PERISTIWA | 5 Agustus 2020 17:12 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Peluang Partai Amanat Nasional (PAN) untuk berkoalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Pilkada Solo 2020 tipis. Hal tersebut setelah Partai Gerindra resmi mendukung pasangan Gibran-Teguh.

Sebab, hitungan perolehan kursi PAN dan PKS di DPRD tidak mencukupi untuk mengusung calon di Pilkada Solo. PKS hanya memiliki 5 kursi, sedangkan PAN hanya 3 kursi. Jumlah tersebut masih belum mencukupi syarat minimal 9 kursi.

"Kalau melihat peta politik saat ini, saya kira semakin tipis harapan kami untuk bisa berkoalisi. Apalagi Gerindra sudah menyatakan dukungannya untuk Gibran-Teguh, rekomendasi sudah turun," ujar Umar, Rabu (5/8).

Selain Gerindra dan PAN, Sekretaris DPW PAN Jawa Tengah itu mengatakn beberapa parpol yang memiliki kursi di parlemen juga sudah menyatakan dukungan ke pasangan Gibran-Teguh. Meski secara resminya mereka belum menyerahkan SK dukungan.

"PAN secara lisan sudah menyatakan dukungannya untuk paslon Gibran-Teguh. Secara resmi memang belum," katanya.

Baca Selanjutnya: Menurut dia dukungan resmi untuk...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami