Gerindra Ingatkan Pemerintah Jamin Dapur Rakyat Tetap Ngebul Selama Pandemi Corona

Gerindra Ingatkan Pemerintah Jamin Dapur Rakyat Tetap Ngebul Selama Pandemi Corona
PERISTIWA | 10 April 2020 12:08 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Virus Corona atau Covid-19 telah mewabah ke hampir wilayah Indonesia. Beberapa wilayah sudah menerapkan dan mengajukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani, meminta kepada seluruh kadernya, khususnya di parlemen bisa mendorong pemerintah agar tidak hanya mengatasi dampak kesehatan, tapi sosial dan ekonomi juga.

"Karena itu yang paling kita utamakan dalam situasi sulit adalah dua, bagi mereka saudara-saudara kita yang terkena covid-19, bagaimana negara mengurus pelayanan kesehatan ini dengan bagus dan prima," ucap Muzani dalam keterangannya, Jumat (10/4).

Menurut dia, yang terpenting adalah menjamin kesejahteraan masyarakat selama masa pandemi virus Corona. Sehingga dapur setiap rakyat Indonesia katanya bisa terus menyala.

"Kebijakan physical distancing ini tidak akan bisa efektif kalau tidak ada kepastian bahwa dapur setiap keluarga bisa ngebul. Karena itu rakyat-masyarakat kepala keluarga pasti akan keluar rumah mencari bagaimana agar dapurnya bisa ngebul," tutur Muzani.

Karenanya, masih kata dia, kepastian makan itulah yang harus ada dalam kebijakan pemerintah saat ini. Sehingga, DPR RI lewat kekuatan yang dimiliki bisa meringankan beban masyarakat yang kini sudah terasa berat.

"Melalui kewenangan yang dimiliki oleh anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, kita ingin bahwa kepastian itu bisa didapatkan melalui berbagai macam anggaran yang sedang kita bicarakan dengan pemerintah," ungkap Muzani.

1 dari 1 halaman

Muzani mengungkapkan, salah satu yang sudah ditempuh pihaknya adalah melakukan penggalangan dana.

"Dalam masa sulit seperti ini kami telah melakukan pengumpulan dana yang sifatnya mandiri, yang didapatkan dari gaji dan pendapatan anggota DPR. Tentu saja jumlahnya itu sangat sedikit jika dibandingkan dengan kebutuhan yang diperlukan untuk membantu atau menangani covid-19. Ini sebagai bentuk kepedulian langsung anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra terhadap persoalan yang kita hadapi ini," tegas Muzani.

Dana sumbangan tersebut katanya dibelanjakan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 5.000 potong dan masker sebanyak 150.000 buah.Di samping itu, pihaknya juga mewajibkan anggota Fraksi Partai Gerindra untuk dapat membantu masyarakat di daerah pemilihan (dapil) yang diwakili dan konstituennya.

Sehingga diharapkannya seluruh anggota Fraksi Gerindra DPR RI dapat merasakan beban yang tengah dirasakan masyarakat saat ini.

"Sebenarnya ini merupakan sesuatu yang sangat kecil bila dibandingkan dengan kewenangan anggota DPR yang dimilikinya. Kami berharap semua pihak dapat bahu membahu bersama pemerintah membantu penyelesaian pandemi, sehingga tenaga medis dapat bekerja dan masyarakat kecil juga terjaga dapurnya," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com (mdk/bal)

Baca juga:
Ajukan PSBB, Pemkot Tangerang Tambah Anggaran Rp138 M Tangani Dampak Corona
Kisah Empat Bersaudara di Singapura Berada di Garis Depan Lawan Covid-19
Hari Ke-2 Distribusi Bantuan PSBB, Dinsos DKI Bagikan 2.000 Sembako di 2 Kelurahan
Jakarta Terapkan PSBB, Warga Masih Boleh Olahraga di Sekitar Rumah
CEK FAKTA: Tidak Benar Ada Arus Angin yang Membawa Wabah Penyakit

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Putar Otak Bisnis Ritel Hadapi Corona

5