Gibran Ajak Pengusaha Sukses Tak Lupa untuk Berbagi

PERISTIWA | 6 November 2019 03:26 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Gibran Rakabuming Raka berpesan kepada para pengusaha yang sudah sukses untuk tidak lupa berbagi. Bentuknya, lanjut Gibran, bisa melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) maupun berzakat.

Pernyataan putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut dikemukakan saat menjadi pembicara dalam seminar bertajuk 'Jamane Bisnis Kreatif' di Gedung Balai Ekspresi Sungging Prabangkara, Kampus FSRD Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, Selasa (5/11) sore.

"Tetapi semua itu tidak bisa dilakukan kalau tidak punya uang. Jadi kuncinya harus punya uang dulu," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gibran mengungkapkan alasannya memilih menjadi pengusaha. Menurut dia, menjadi pengusaha atau karyawan merupakan pilihan hidup masing-masing individu. Namun menurutnya, menjadi pengusaha dianggap lebih baik. Karena itu, ia lebih memilih menjadi pengusaha daripada karyawan.

"Biasanya anak muda di bawah saya kalau membuat usaha bisa lebih sukses. Karena itu, adik saya (Kaesang) saat masih kuliah sudah saya dorong untuk menjadi pengusaha," katanya.

Ia menilai, sebagai anak muda memiliki potensi tersendiri dalam hal kreativitas, inovasi dan lainnya. Alasan tersebut yang membuatnya optimistis, bahwa pemuda bisa berpeluang besar untuk lebih sukses.

"Muda itu kekuatan. Karena lebih kreatif dan inovatif," tandasnya.

Alasan lain yang menjadi pengusaha diungkapkan suami Selvi Ananda itu. Hal yang memotivasinya untuk terjun menjadi pengusaha adalah karena uang.

Dengan menjadi pengusaha, lanjut dia, tidak dipungkiri peluang menjadi kaya lebih besar dibandingkan hanya sebagai karyawan. Namun ia juga berpesan agar jika menjadi pengusaha sukses tidak lupa untuk berbagi.

Selain Gibran, acara yang dihadiri oleh ratusan peserta itu, juga mendatangkan pemateri Hari Prast (Kreator Karya adalah Doa), Aldo Rambie (Client Partner, Facebook Companies), Imansyah Lubis (Production Manager, BumiLangit), Aprilia Muktirina (Kreator Kreavi), Arief Noor (Co-Founder, Dagadu) dan Rio (Owner, RownDVSN).

Meski masih muda, saat ini Gibran cukup sukses dalam menjalankan sejumlah usaha yang dirintisnya. Gibran dikenal memiliki sejumlah usaha kuliner yang dijalankan, meliputi minuman tradisional, martabak, restoran hingga katering. (mdk/eko)

Baca juga:
Purnomo Siap Dipasangkan Dengan Gibran, Syaratnya Jadi Calon Wali Kota
Gibran Dipersilakan Daftar Bakal Calon Wali Kota Solo di PDIP Jateng
Blusukan, Gibran Bantu Air Bersih untuk Warga Solo yang Kekeringan
Profil Paundrakarna, Cucu Soekarno yang Diwacanakan Diduetkan dengan Gibran di Solo
Melayat GKR Galuh Kencana, Gibran dan Achmad Purnomo Saling Bertemu

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.