Gibran akan Maksimalkan Pemanfaatan Teknologi Agar UMKM Naik Kelas

Gibran akan Maksimalkan Pemanfaatan Teknologi Agar UMKM Naik Kelas
Gibran Dilantik Jadi Wali Kota Solo. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 26 Februari 2021 11:57 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Gibran Rakabuming Raka resmi menjabat Wali Kota Solo periode 2021-2026. Dalam pidato pertamanya sebagai wali kota di hadapan anggota DPRD Kota Solo, ia berjanji untuk fokus pada penanganan Covid-19, khususnya penuntasan vaksinasi dan pemulihan ekonomi.

Untuk pemulihan ekonomi, ia akan memaksimalkan pemanfaatan teknologi agar sektor UMKM bisa naik kelas.

"Solo ini adalah gudangnya anak-anak kreatif, anak-anak inovatif. Selalu ada peluang di tengah kesulitan. Untuk membuka peluang kami akan perbanyak cretif hub, agar anak-anak muda di Solo memiliki daya saing. Dan UMKM bisa naik kelas melalui pemanfaatan teknologi. Ini adalah salah satu agenda percepat pemulihan ekonomi di Kota Solo," katanya.

Gibran juga juga menyampaikan pentingnya peran big data bagi smart city. Selain informasi yang akurat, big data juga digunakan sebagai dasar dalam menentukan langkah-langkah strategis salam perencanaan pembangunan. Selain itu juga harus didukung dengan penggunaan teknologi secara maksimal.

"Penggunaan teknologi seperti e-budgeting, e-catalog dan e-money kita optimalkan sehingga APBD bisa dikelola secara efektif dan efisien," katanya.

Gibran juga menjanjikan untuk meningkatkan transparansi, kontrol dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka penerapan konsep good governance.

"Kami menyadari ini bukan pekerjaan mudah. Kami mohon dukungan, baik dari jajaran Pemerintah Kota dan segenap unsur masyarakat agar selama kepemimpinan kami mampu mengemban amanat dalam membangun Kota Solo menjadi lebih baik," tandasnya.

"Ekonomi akan kuat, jika warganya sehat. Penerapan protokol kesehatan tetap diperketat di tempat-tempat kegiatan produktif, seperti pasar dan kantor. Kami yakin, kami optimis Solo bisa bangkit dari pandemi," pungkasnya. (mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami