Gibran Diangkat Jadi Anggota Kehormatan Banser Solo

Gibran Diangkat Jadi Anggota Kehormatan Banser Solo
PERISTIWA | 24 Februari 2020 21:37 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Putra sulung Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Gibran Rakabuming Raka diangkat sebagai anggota kehormatan Banser-Anshor Surakarta. Bakal calon Wali Kota Solo dari PDIP itu disematkan seragam kebesaran NU lengkap dengan peci hitam, dalam sebuah acara penutupan Diklatsar Banser Anshor, di Nusukan, Solo, Minggu (24/2) malam.

"Yang jelas saya merasa tersanjung sekali. Kemarin malam saya diberikan seragam Banser itu sebagai anggota kehormatan. Yang jelas NU itu harus bisa menjadi benteng dalam mempertahankan NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," ujar Gibran disela blusukan, Senin (24/2) petang.

Gibran mengaku selama ini cukup dekat dengan kaum, kiai dan petinggi Nahdliyin di Solo. Di antaranya, Mbah Jupri serta Mbah Lepo. Gibran mengaku bangga diangkat sebagai anggota Banser. Kendati demikian ia menilai status tersebut menuntut tanggung jawab yang besar dan berat. Karena ada kaitan sejarah antara NU dengan pendiri dan dan penjaga kelangsungan NKRI.

"Saya seperti juga Banser yang lain harus bisa menjadi sahabat siapa saja yang mencintai Indonesia," katanya.

1 dari 1 halaman

Tak Membeda-bedakanGolongan

Menurut suami Selvi Ananda itu, sebagai Banser tidak boleh membeda-bedakan latar belakang, jenis kelamin, etnis, agama kesukuan dan sebagainya.

"Saya rasa sahabat Banser dan Nahdliyin sudah lebih lama mengamalkan ajaran-ajaran para kiai dan pendiri NU," ucapnya. (mdk/eko)

Baca juga:
'Tembakan' Megawati Sengat Gibran dan Demokrat
Gibran: Bakal Calon Independen Buat Pilkada Solo Berjalan Dinamis dan Meriah
5 Beda Gaya Blusukan Jokowi Dengan Gibran Rakabuming, Kamu Suka yang Mana?
Gibran Tak Merasa Disindir Megawati Soal 'Politikus Paksa Anak Bertarung di Politik'
Gibran Selalu Kenakan Jaket Hadiah Hasto Kristiyanto saat Blusukan
PDIP Sebut Elektabilitas Gibran dan Bobby Nasution Meningkat

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami