Girder Tol Desari Ambruk karena Tiang Penyangga Tidak Kuat Menahan Beban

PERISTIWA | 8 Oktober 2019 22:57 Reporter : Nur Fauziah

Merdeka.com - Ambruknya girder Tol Depok-Antasari (Desari) seksi II diduga karena tiang penyangga tidak kuat. Pada saat itu dilakukan pengecoran di wilayah Ramp 8 tepatnya di Jalan H Umar, Limo Depok. Tiang penyangga diduga mengalami penurunan kemampuan menahan beban hingga terjadi peristiwa yang menyebabkan lima pekerja terluka.

"Kalau yang tercatat, soaring atau soring penyangganya mengalami penurunan kemampuan menyangga," kata Project Manager PT Citra Waspphutowa, Donosius Widianto, Selasa (8/10).

Di lokasi terlihat banyak besi-besi yang sudah terpasang di bentangan sepanjang 50 meter dan lebar 10 meter. Nantinya konstruksi itu sebagai jembatan yang dibawahnya terdapat terowongan. Dia mengelak kalau konstruksi disebut ambruk.

"Kriteria ambruk itu beda, kalau sekarang bisa dilihat masih ada sebagian besar konstruksinya pada posisinya," bantahnya.

Menurutnya, kontraktor pelaksana dalam hal ini PT Grider Indonesia telah melakukan persiapan dan antisipasi terkait pekerjaan yang akan dilakukan.

"Tentu mereka sudah melakukan persiapan dan melakukan antisipasi berbagai hal terkait ketentuan konstruksi dan keselamatan," ucap Widianto.

Project Manager PT Girder Indonesia Ekwan Yulianto mengatakan, pihaknya akan melakukan pengecekan apa yang menyebabkan tiang penyangga mengalami penurunan kekuatan. "Kita akan cek semua, dan kita akan minta keterangan dari vendor, tapi tidak bisa sekarang," kata Ekwan.

Dia membantah jika pengerjaan pengecoran dilakukan di luar kapasitas. Pihaknya kemudian akan berkoordinasi dengan pihak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Komite Keselamatan terkait kejadian itu.

"Tentu akan kami laporkan kejadian ini ke BPJT dan Komite Keselamatan untuk menginvestigasi kejadian ini," pungkasnya.

Baca juga:
Girder Tol Desari Ambruk Saat Dicor, 5 Pekerja Terluka
Jarinya Putus, ABK Asal China Dievakuasi ke Banda Aceh
6 Pekerja PLTU Lontar Luka-luka Akibat Mesin Fogging Meletup
Asma Kambuh, Pekerja Terpanggang saat Bakar Sampah di Lahan Perhutani Purwakarta
Dua Buruh Tambang Pasir di Karangasem Tewas Tertimpa Runtuhan Tebing
Sempat Kritis, Bripka Suranto Meninggal Dunia saat Cek TKP Percobaan Pencurian

(mdk/cob)

TOPIK TERKAIT