Gubernur DIY Tidak Melarang Pemudik Pulang Sebelum 6 Mei

Gubernur DIY Tidak Melarang Pemudik Pulang Sebelum 6 Mei
Sri Sultan Hamengkubuwono X. liputan6.com
PERISTIWA | 19 April 2021 18:00 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan HB X tidak melarang pemudik yang akan datang ke wilayah ini sebelum 6 Mei 2021, namun harus menerapkan protokol kesehatan 5M secara ketat.

Prokes 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Sri Sultan HB X di Gunung Kidul, Senin (19/4), mengatakan jika larangan mudik berlaku seluruh Indonesia mulai 6-17 Mei 2021. Namun 95,06 zona di DIY itu masuk zona hijau, bahkan setiap akhir pekan banyak orang datang ke Yogyakarta.

"Nah, nanti saya kira untuk Idul Fitri pun sebelum tanggal 7 (Mei) yang orang Yogyakarta di Jakarta dan sebagainya mungkin sudah pada pulang, kira-kira kan gitu. Ya sudah asal bisa memenuhi 5M tidak masalah. Yang orang Yogyakarta sendiri kan dibebaskan untuk bisa pergi," kata Sultan.

Ia mengatakan Pemda DIY telah menyiapkan dua langkah antisipasi terhadap pemudik dalam rangka menekan laju penyebaran COVID-19 menjelang Lebaran 2021. Pertama menunjukkan syarat tertentu seperti hasil tes usap antigen. Kedua, pengawasan tingkat desa dengan melibatkan bhabinkamtibmas plus dalam penerapan 5M.

Selain itu, pelibatan jaga warga sangat penting karena masyarakat lebih terbiasa dengan sesama warga dibandingkan berhadapan dengan aparat.

"Ya kemungkinan kita batasi, dalam arti ada dua mungkin di jalan harus memenuhi syarat tertentu. Atau di tempat desa, dusun, RT dan RW ada Babinsa, Bhabinkamtibmas plus jaga warga yang akan mengingatkan untuk 5M," katanya. (mdk/bal)

Baca juga:
Doni Monardo: Pemudik adalah Pembunuh Potensial
Pemudik Nekat Terancam Isolasi sampai Denda Rp100 Juta
Belum Ada Lonjakan Penumpang Kereta API di Pekan Pertama Ramadan
Menaker Ida Imbau Pekerja dan PMI Tak Mudik Lebaran Tahun Ini
Jadi 'Jalur Tikus', Jembatan Siphon Cibeet Bekasi akan Disekat untuk Cegah Pemudik
Nekat Mudik, Kendaraan Bakal Diputar Balik Hingga Ditahan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami