Gubernur Ganjar Izinkan Objek Wisata di Jateng Tetap Buka saat Libur Lebaran

Gubernur Ganjar Izinkan Objek Wisata di Jateng Tetap Buka saat Libur Lebaran
Ganjar Pranowo di Pendapi Gede Balai Kota Solo. ©2021 Merdeka.com/Arie Sunaryo
PERISTIWA | 8 April 2021 02:30 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyatakan obyek wisata tetap beroperasi pada libur Lebaran Mei 2021. Namun, fasilitas itu akan ditutup jika kedapatan melanggar protokol kesehatan.

"Tidak tutup, obyek wisata masih buka. Tapi yang penting protokol kesehatannya ketat. Tapi begitu protokolnya tidak dilengkapi, protokolnya dilanggar, kita tutup," kata Ganjar Pranowo, Rabu (7/4).

Dia menyebut saat ini sektor ekonomi bergerak perlahan dan mulai beradaptasi dengan situasi pandemi. Karena itu, opsi keras menutup obyek wisata saat libur tidak muncul selama protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik.

"Ekonomi kan sudah mulai bergerak dan sekarang sudah mulai menyesuaikan. Kita menghitungnya kalau terjadi mudik dan kemudian semuanya masuk itu pasti terjadi lonjakan penularan. Itu yang mesti kita kontrol," ungkapnya.

Sementara itu, jelang Lebaran ini Ganjar juga terus mengingatkan agar seluruh daerah menyiapkan tempat isolasi terpusat untuk pemudik. Apalagi, Jateng sudah memiliki pengalaman pada mudik Lebaran tahun lalu.

"Sebenarnya kita punya pengalaman kok waktu mudik dulu. Contoh yang dulu progresif banget itu Bupati Banyumas, tungguin sendiri yang masuk. Kalau soal tempat sih di mana-mana bisa. Tapi yang jelas daerah mesti menyiapkan tempat isolasi," tutup dia. (mdk/yan)

Baca juga:
Pasar Tanah Abang Ramai Pembeli Jelang Ramadan, Pengelola Diingatkan Soal Prokes
Ramadan di Masa Pandemi, Pemprov DKI Izinkan Penjual Takjil Musiman
Jokowi Minta Para Menteri Siapkan Kebijakan Cegah Lonjakan Covid-19 Jelang Ramadan
Menko Airlangga: Insentif Sudah Diberikan, Waktunya Swasta Memberikan THR yang Sesuai
Pembayaran THR ke Pekerja Mampu Genjot Perekonomian di Tengah Pandemi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami