Gubernur Jabar Ridwan Kamil Terima Penghargaan dari Wapres Ma'ruf Amin

PERISTIWA | 21 November 2019 21:52 Reporter : Aksara Bebey

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menerima penghargaan Provinsi Informatif berdasarkan hasil penilaian Monitoring dan Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2019. Penyerahan penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Ridwan Kamil menilai penghargaan ini merupakan buah dari komitmennya dalam memberikan informasi kepada masyarakat sesuai dengan regulasi dan perundang-undangan.

"Kategorinya ada informatif, menuju informatif. Kemudian, berkomitmen, cukup informatif, dan kurang informatif. Kita mendapatkan yang tertinggi," kata dia melalui siaran pers yang diterima.

Menurutnya, di era digital, transparansi dan kemudahan akses masyarakat terhadap sebuah informasi harus menjadi atensi. "Jadi, digitalisasi itu caranya. Tapi mendapatkan status terbaik Provinsi Terinformatif itu menunjukkan kita taat hukum," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menilai, ada sejumlah tantangan yang dihadapi untuk dapat menjadi Badan Publik terbuka, transparan, dan dipercaya masyarakat, yaitu kualitas konten informasi, konsistensi dalam menghadirkan inovasi, dan perkembangan teknologi informasi yang mengubah cara interaksi dan akses masyarakat terhadap informasi.

"Kemudahan mengakses informasi tidak serta merta meningkatkan literasi informasi masyarakat. Bahkan kecenderungannya, semakin singkat waktu yang digunakan masyarakat untuk mengevaluasi informasi, baik dari segi relevansi, akurasi, maupun sumber informasi," kata Ma'ruf.

Ia meminta para pimpinan Badan Publik dapat meningkatkan kualitas konten informasi yang disampaikan. Pasalnya, masyarakat berhak menerima informasi yang akurat dan benar. Badan Publik harus mampu menjadi rujukan pertama masyarakat dalam mendapatkan informasi sekaligus menjadi ujung tombak penangkal hoaks.

Baca juga:
Ridwan Kamil Akan Penuhi Undangan Anies Baswedan Bahas Perbatasan
Dukung Evaluasi Pilkada Langsung, Ridwan Kamil Usulkan Digital Voting Seperti India
Para Arsitek Indonesia yang Karyanya Diakui Dunia
Bangun Kolam Renang di Rumah Dinas, Ridwan Kamil Butuh untuk Terapi Cedera Kaki
Ridwan Kamil Bangun Kolam Renang & Fasilitas Kebugaran di Rumah Dinas
Bangun Kolam Renang di Rumah Dinas, Ridwan Kamil Bantah Hamburkan Uang Negara

(mdk/ded)