Gubernur Jateng Lantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Solo 2019

PERISTIWA | 15 Juni 2019 02:32 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melantik Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo tahun 2019 di The Sunan Hotel Solo, Jumat (14/6). Kepanitiaan terdiri dari 23 orang yang akan mengurus sebanyak 34.861 jemaah haji asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Saya sangat mengapresiasi penempatan jamah haji untuk tahun ini yang dalam satu lokasi di jadwal. Dengan sistem zonasi ini akan membuat jamaah merasa nyaman dan tenang," ujar gubernur dalam sambutannya.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Nizar mengatakan, calon jemaah haji (calhaj) kloter pertama akan masuk ke Asrama Haji Donohudan, pada tanggal 6 Juli mendatang. Pemberangkatan akan dibagi dalam dua gelombang.

"Gelombang I mulai 7-19 Juli dengan tujuan Madinah. Sedangkan gelombang II berangkat mulai 20 Juli hingga 5 Agustus dengan tujuan Jeddah," terangnya.

Sementara itu, untuk fase pemulangan juga dibagi dalam 2 gelombang. Gelombang I pada tanggal 17-29 Juli, jemaah akan diterbangkan ke Solo melalui Bandara Jeddah. Untuk gelombang II, dimulai tanggal 30 Agustus hingga 15 September melalui Bandara Jeddah.

"Untuk operasional haji tahun ini akan diangkut dengan pesawat Garuda Indonesia," pungkas dia.

Baca juga:
Saudia Airlines Tolak Berangkatkan Jemaah Haji dari Bandara Kertajati
Biaya untuk Kuota Tambahan 10.000 Jemaah Haji Tak Gunakan APBN
Ribuan Jemaah Haji di Lima Daerah Dipastikan Berangkat Melalui Bandara Kertajati
Bandara Kertajati Layani Haji dan Umrah, Menhub Janji Tarif Sama Dengan Cengkareng
Kemenkes Imbau Jamaah Haji Tak Selfie dengan Unta di Arab Saudi

(mdk/ray)