Gubernur Khofifah Sebut Warga Boleh Berwisata Sesuai Rayon tapi Tetap Menjaga Prokes

Gubernur Khofifah Sebut Warga Boleh Berwisata Sesuai Rayon tapi Tetap Menjaga Prokes
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi lokasi wisata di Kota Batu, Sabtu (15/5). ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 15 Mei 2021 23:31 Reporter : Darmadi Sasongko

Merdeka.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi sejumlah tempat wisata di Kota Batu, Jawa Timur. Kunjungan itu untuk memastikan kesiapan protokol kesehatan (prokes) di lokasi wisata selama menyambut liburan Idulfitri 1442 Hijriah.

Khofifah dan rombongan mengunjungi Jatim Park 3, Museum Angkut, dan Selecta. "Saya bersama Pangdam dan Kapolda ingin memastikan bahwa seluruh hal yang terkait dengan rangkaian dari liburan pasca-Idulfitri ini semua terkawal, termonitor, dan terkendali," kata Khofifah Indar Parawansa di Jatim Park 3 Kota Batu, Sabtu (15/5).

Khofifah menegaskan, sebelumnya telah mengeluarkan surat edaran berkaitan dengan pengendalian Covid-19. Surat edaran itu di antaranya mengatur pelaksanaan salat Idulfitri, silaturahmi virtual, dan lain-lain.

"Maka proses berikutnya yang kami antisipasi kalau mereka melakukan wisata, maka pertama-tama tempat wisata harus menyiapkan protokol kesehatan yang ketat," tegasnya.

Tempat wisata yang beroperasi juga dipastikan tidak berada di zona merah sebagaimana basis data PPKM Mikro. Selain itu, persentase kunjungan wisatawan juga harus dapat termonitor dan terkendali.

"Ini suasananya masih pada pengendalian penyebaran Covid-19 yang harus diikuti oleh semua pihak, termasuk seluruh elemen masyarakat yang ingin mengunjungi destinasi wisata," jelasnya.

"Mohon semuanya tetap menggunakan masker dan berada pada area rayon tertentu, sehingga hari ini warga Jatim ke Jatim Park 3 misalnya dari Surabaya, mohon semuanya kembali bersabar untuk bisa menjaga segala sesuatunya bisa terkawal dan termonitor dengan baik," jelasnya.

Khofifah bersama rombongan mendapat penjelasan dari Satgas Covid-19 JTP 3 berkaitan prosedur kesehatan yang harus dilalui para wisatawan. Sarana dan prasarana telah disiapkan berikut para petugas yang membantu meningkatkan kedisiplinan para pengunjung.

"JTP 3 sudah menyiapkan protokol kesehatan dengan baik, maka pengunjung tempat wisata ini harus bisa saling menjaga. Kita bisa berwisata sesuai rayonnya tapi tetap protokol kesehatan harus dijaga," tegasnya. (mdk/yan)

Baca juga:
Lebaran H+2, Warga Padati Museum Fatahillah
Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkab Indramayu Larang Wahana Water Boom Beroperasi
Dirlantas Polda Metro Patroli Udara Pantau Objek Wisata di Jakarta
Jasa Marga: Penurunan Lalu Lintas Hingga 60,8 Persen Pada Libur Lebaran
Doni Monardo Minta Satgas Daerah Tutup Tempat Wisata yang Pengunjungnya Membeludak
H+2 Lebaran, TMII Batasi Hanya 18.000 Pengunjung

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami