Gubernur NTT Minta Setop Polemik Wakil Bupati Ende Dicopot usai Dilantik

Gubernur NTT Minta Setop Polemik Wakil Bupati Ende Dicopot usai Dilantik
pelantikan wakil bupati ende. ©2022 Merdeka.com/istimewa
NEWS | 29 Januari 2022 08:02 Reporter : Ananias Petrus

Merdeka.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat resmi melantik Wakil Bupati Kabupaten Ende, Erikos Emanuel Rede. Pelantikan tersebut berlangsung di Aula rumah jabatan gubernur pada Kamis (27/1) tadi malam.

Pelantikan itu dilaksanakan sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 132.53-67 Tahun 2022, tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Bupati Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Gubernur Viktor B. Laiskodat melalui Kepala Biro Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT, yang Juru Bicara Pemerintah Provinsi NTT, Prisila Q. Parera menyampaikan apresiasi dan terimakasihnya, karena atas dukungan semua pihak maka Wakil Bupati Ende bisa dilantik.

"Terkait Pelantikan Wakil Bupati Ende, bapak gubernur menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya tahapan, mulai dari proses awal hingga pelaksanaan pelantikan," kata Prisila, Jumat (27/1) malam.

Menurut Prisila, gubernur mengimbau semua pihak untuk tidak lagi berpolemik tentang pelantikan tersebut, namun berkolaborasi untuk membangun NTT, khususnya Kabupaten Ende.

"Bapak gubernur meminta agar kita hentikan semua polemik yang terjadi hari ini. Mari kita fokus terhadap pembangunan di Nusa Tenggara Timur," ujarnya.

Bupati dan Wakil Bupati Ende diharapkan untuk menjalin soliditas, serta melakukan konsolidasi untuk merajut kembali persatuan dan kesatuan di Kabupaten Ende, demi melanjutkan agenda pembangunan pada waktu yang tersisa dua tahun lebih di Kabupaten Ende.

Sebelumnya, Jumat (28/1) hari ini, beredar surat yang dikeluarkan dan ditandatangani oleh Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik perihal Penarikan Keputusan Menteri Dalam Negeri.

Surat kepada Gubernur Nusa Tenggara Timur itu tertanggal Jumat 28 Januari 2022, dengan tembusan Menteri Dalam Negeri dan Plt. Sekretaris Jenderal Kementrian Dalam Negeri.

surat kemendagri wakil bupati ende dicopot
©2022 Merdeka.com/istimewa

Surat itu bunyinya, memperhatikan diktum kedua pada Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor tersebut di atas, bahwa "keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal pelantikan dengan ketentuan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya."

Kedua, setelah menelusuri dan mencermati kembali dari sisi formal dan prosedural terhadap dokumen pengusulan Pengesahan Pengangkatan Wakil Bupati Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur, maka dipandang perlu secara bersama-sama melakukan konsolidasi dokumen pengusulan dimaksud.

Berkenan dengan hal tersebut, kami menarik kembali Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 132.53/879/OTDA tanggal 25 Januari 2022 Hal Penyampaian Salinan dan Petikan Keputusan Menteri Dalam Negeri dan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 132.53-67 Tahun 2022 tanggal 19 Januari 2022 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Bupati Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk perbaikan sebagaimana mestinya.

Baca juga:
Dilantik Semalam, Wakil Bupati Ende Dicopot Kemendagri Hari Ini
Kemenag Sinkronkan Data Haji dan Umrah dengan Dukcapil
Kemendagri Minta Polisi Usut Fakta Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat
Durasi Kampanye Pemilu 2024: KPU Usul 120 Hari, Pemerintah Minta 90 Hari
Pemerintah dan KPU Akhirnya Sepakat Pemilu 2024 Digelar 14 Februari
Tanggal Pemungutan Suara Pemilu 2024 Ditetapkan Hari Ini!


Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami