Gubernur Sumsel Duga Kebakaran Ratusan Hektar Lahan Akibat Sambaran Kilat

PERISTIWA | 14 Agustus 2019 20:05 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Ratusan hektar hutan dan lahan di Sumatera Selatan terbakar hanya dalam kurun waktu beberapa bulan di tahun ini. Belum diketahui pasti penyebab munculnya api.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengklaim provinsi itu menjadi satu-satunya daerah menurunkan Badan Litbang untuk melakukan penelitian khusus penyebab terjadinya karhutla. Untuk sementara, badan ini menyebutkan 90 persen karhutla akibat ulah tangan manusia, baik disengaja maupun tidak.

"Berarti ada sisanya kan, apakah lima persen, apakah sepuluh persen, itu yang sedang kita teliti. Jangan-jangan (karhutla) di Sumsel ini penyebabnya yang sisa itu, bukan akibat manusia," katanya, Rabu (14/8).

Dia menduga penyebab karhutla di daerah yang dipimpinnya akibat faktor alam. "Misal kejadian alam karena kilat, karena gesekan pohon dan ranting, atau mungkin ada proses alam lain. Ini yang lagi kita teliti. Sabar, tunggu hasilnya," ujarnya.

Jika nantinya disimpulkan penyebabnya akibat kelalaian maupun disengaja, pemerintah menyerahkan kepada kepolisan untuk memprosesnya. Apalagi, telah dikeluarkan maklumat tentang karhutla yang ditandatanganinya bersama Kapolda Sumsel dan Pangdam II Sriwijaya.

"Kalau kebakaran di kebun sawit, itu tanggung jawab pemilik atau perusahaannya, merugikan diri sendiri, artinya ada kelalaian. Kalau merugikan orang lain, asap sudah menyebar, bisa berurusan dengan polisi," terangnya.

Daru menambahkan, karhutla di Sumsel relatif terjadi di tempat-tempat yang menjadi langganan terbakar setiap tahun. Lokasinya berada di lahan tidur yang dibiarkan pemiliknya menjadi semak belukar.

"Di Sumsel ini titik apinya berulang, di lokasi itu lagi, itu lagi. Makanya kita turunkan tim Litbang sejak seminggu lalu untuk selidiki. Bukan cari tersangka, tapi menyelidiki penyebab munculnya api," tutupnya.

Baca juga:
Tim Bentukan Kapolri Mulai Evaluasi Penanganan Karhutla
Api Besar Bakar Lahan Gambut di Musi Banyuasin
Polda Sumsel Tangkap 3 Terduga Pembakar Lahan
Polisi Tangkap Pelaku Pembakaran Lahan di Bengkalis
Polda Jambi Segera Periksa Seluruh Perusahaan yang Lahannya Terbakar
Anggota Tim Water Bombing Karhutla Sumatera asal Rusia Meninggal Dunia
Sekolah Petani Jadi Solusi Kebakaran Hutan

(mdk/fik)