Gubernur Sumsel Geram Petugas Izinkan Truk Overload Lewat Jembatan Pematang Panggang

PERISTIWA | 18 Juni 2019 16:23 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, menyesalkan amblesnya Jembatan Pematang Panggang, Lampung, yang menyebabkan Jalan Lintas Timur (Jalintim) ditutup. Dia menilai kelalaian petugas timbangan yang mengizinkan truk berlebihan muatan tetap melintas.

Menurut Deru, timbangan jalan yang dikelola Kementerian Perhubungan semestinya menjalankan tugas DNA fungsi secara profesional. Petugas di lapangan juga harus tegas mengambil keputusan jika menemukan kendaraan di luar batas ketentuan.

"Jangan sampai ada indikasi kongkalikong. Jangan sampai overload, kalau overload turunkan, kalau enggak kasih denda," tegas Deru, Selasa (18/6).

Dia mengatakan, amblesnya Jembatan Pematang Panggang tersebut tak lain disebabkan truk bermuatan lebih, yakni 60 ton dan 40 ton. Namun, kendaraan itu tetap diizinkan petugas timbangan untuk melintas.

"Ya jembatan itu putus karena overload. Harusnya dicek betul agar tidak kelebihan muatan, imbasnya itu, jembatan dan jalan rusak," ujarnya.

Dia mengakui Jembatan Pematang Panggang berada di wilayah Lampung dan tanggung jawab Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Lampung. Hanya saja, imbasnya berdampak pada arus lalu lintas di Sumsel lantaran Jalintim ditutup sementara.

"Saya minta tekankan pengalihan ke Jalinteng, saya sudah cek di lapangan," kata dia.

Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol Dwi Asmoro mengungkapkan, pengendara disarankan melewati Jalinteng dengan tujuan Lampung-Palembang atau sebaliknya. Sementara jalan tol hanya digunakan dalam kondisi mendesak.

"Tol dibuka untuk mengurai kemacetan bukan operasional. Mobil jenis apapun harus lewat Jalinteng," ungkapnya.

Baca juga:
Kementerian PUPR Nilai Jembatan Pematang Panggang Ambles Akibat Truk Over Muatan
Jembatan Pematang Panggang Putus, Jalan Lintas Timur Ditutup Selama 2 Pekan
Jembatan Pematang Panggang Ambles, Lalu Lintas Lampung-Sumsel Terputus
Jembatan Hanyut Terbawa Banjir, Jalur Trans Sulteng-Sultra Terputus
Jembatan di Tabanan Ambles, Dua Warga Tertimbun Material Bangunan
Jembatan Ambruk, Siswa SD di Pandeglang Harus Bertaruh Nyawa Untuk Sekolah
JPO Pasar Minggu Mulai Direvitalisasi Mei 2019

(mdk/lia)