Gubernur Sumsel Persilakan Warganya Mudik Asal Harus Karantina di ODP Center

Gubernur Sumsel Persilakan Warganya Mudik Asal Harus Karantina di ODP Center
PERISTIWA | 4 April 2020 01:33 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan pemudik yang pulang ke daerahnya harus menjalani karantina di tempat yang sudah disiapkan. Deru menyatakan, pada prinsipnya dirinya tidak melarang warga Sumsel di perantauan mudik ke kampung halaman ketika pandemi Covid-19, baik saat ini maupun lebaran nanti.

Namun, antisipasi perlu dilakukan agar pemudik bebas dari virus itu dan tidak menularkan ke warga sekitar.

"Kan sejak awal dari kemarin, ketika ada mahasiswa minta diizinkan untuk pulang, pada prinsipnya boleh mereka pulang," ungkap Deru, Jumat (3/4).

Bagi pemudik, kata dia, Pemprov Sumsel menyiapkan Rumah Sehat Covid-19 di Wisma Atlet Jakabaring Sport City Palembang. Pemudik, terutama berasal dari daerah terpapar harus menjalani karantina di sana hingga diketahui benar-benar bebas dari virus Corona.

"Kalau daerah terpapar, harus dikarantina, otomatis labelnya ODP. Begitu kalau mereka mau mudik, kita kan punya Rmah Sehat ODP Center. Kita memberikan syarat, harus disiplin, TNI dan polri menjalankan," ujarnya.

"Kalau bisa ditahan (mudik), tidak perlu dululah, nanti saja," sambungnya.

Deru menyampaikan rasa optimismenya bahwa Sumsel minim pasien positif Covid-19. Dukungan masyarakat menjadi hal penting dengan kesadaran melakukan social distanting dan pembatasan jarak atau physical distanting agar virus itu tak menyebar luas.

"Kalau ditanya apakah kita optimis minim dan, tentu akan optimis. Tapi begini, Corona itu tidak kelihatan, kasat mata, kita harus didukung dengan kepatuhan masyarakat. Dan tak kalah penting stamina, ini kita bagi-bagi ke masyarakat," pungkasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Wapres Ma'ruf Amin Sebut Tak Ada Larangan Keras Mudik, Konsekuensi Ada di Daerah
Ma'ruf Dorong MUI Keluarkan Fatwa Mudik Haram saat Pandemi, Kang Emil Dukung
Wali Kota Solo akan Mengkarantina Pemudik yang Nekat Pulang
Pemprov Jabar Akan Periksa Kesehatan Pemudik dari Zona Merah Covid-19
Sekjen MUI Soal Mudik Saat Pendemi Covid-19: Melakukan Sesuatu yang Haram

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami