Gudang Bocor, Kotak Suara Pemilu di Grobogan Rusak Kena Air Hujan

PERISTIWA | 2 Maret 2019 22:17 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Hujan lebat mengakibatkan ruang tenis indoor GOR Purwodadi yang dijadikan gudang logistik pemilu oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Grobogan di Jalan Diponegoro tergenang air, Sabtu (2/3).

Belum diketahui jumlah kerusakan logistik Pemilu 2019 tersebut. Namun akibat kejadian itu, beberapa kotak suara berbahan kardus tergenang banjir.

"Memang sore hari sampai Magrib tadi hujannya deras. Airnya merembes sampai menggenangi gudang penyimpanan logistik Pemilu," kata ketua KPU Grobogan Agung Sutopo saat dikonfirmasi merdeka.com, Sabtu (2/3).

Dia menerangkan air hujan yang masuk melalui celah-celah gudang itu membasahi sejumlah kotak suara yang ada di gudang. Untuk mengantisipasi kerusakan kotak suara, KPU Grobogan nantinya menjemur kotak suara yang basah.

"Untuk kerusakan hanya basah sedikit, bisa dijemur. Kita lagi hitung berapa jumlahnya nanti didata," ujarnya.

KPU Grobogan mengaku belum bisa memastikan jumlah kotak suara yang rusak akibat tergenang air hujan. "Kita belum sampai ke sana, upaya kita pertama menyelamatkan kotak suara, dan menyedot air yang menggenang gudang logistik dengan mesin pompa," ungkapnya.

Pihaknya sepakat untuk memindahkan logistik Pemilu 2019 ke tempat yang aman. "Kita pilih yang masih bagus kita pindahkan ke yang aman dari genangan air. Sedangkan yang basah kita upayakan untuk dijemur," tutup Agung Sutopo.

Baca juga:
Melihat Perakitan Kotak Suara Pemilu 2019 di Bekasi
58 Kotak Suara Presiden dan Wakil Presiden di KPU Solo Rusak
Memantau Perakitan Kotak Suara Pemilu 2019
KPU Kota Depok Siapkan 27.686 Kotak Suara Pemilu 2019
KIP Banda Aceh Kekurangan Kotak dan Bilik Suara
Garut Kekurangan 885 Kotak Suara dan 4 Ribu Bilik Suara Pemilu 2019

(mdk/cob)