Gugatan Mantan Caleg Gerindra ke Mulan Jameela Cs Masuk Tahap Mediasi

PERISTIWA | 21 November 2019 20:33 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Sidang gugatan tiga mantan caleg Partai Gerindra terhadap Mulan Jameela cs berlanjut ke tahap mediasi. Ketiga caleg yang menggugat tersebut adalah caleg DPR RI Dapil Jabar XI, Fahrul Rozi, caleg DPR RI dapil Kalimantan Barat I, Yusid Toyib, dan caleg DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Misriani Ilyas.

Gugatan Yusid Toyib dan Fahrul Rozi diwakili tim kuasa hukumnya. Sedangkan, Misriani Ilyas datang bersama pengacaranya. Tahap mediasi akan digelar selama 30 hari ke depan.

"Dengan waktu mediasi selama 30 hari kerja. Majelis berharap secara sungguh sungguh selesai. Apabila tidak serius mediasi itu jadi penilaian bagi majelis," kata ketua majelis hakim, Joni, di PN Jaksel, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Kamis (21/11).

Di tahap mediasi nanti, Hakim Joni menunjuk hakim mediator yang berbeda untuk sidang ketiga mantan caleg partai burung garuda itu. Pertama, hakim mediator yang ditunjuk untuk perkara Yusid Toyib adalah Arlandi Triyoga.

Kedua, hakim mediator yang ditunjuk untuk perkara Fahrul Rozi adalah Suswanti. Kemudian, hakim mediator yang ditunjuk untuk perkara Misriyani adalah Ferry Agustina. Sidang mediasi digelar pada pekan depan pada tanggal 28 November pada pukul 10.00 pagi WIB.

1 dari 2 halaman

Seharusnya Selesai di DPP

Mantan Caleg Partai Gerindra, Misriani Ilyas yang menggugat Mulan Jameela cs, masih berjuang di pengadilan karena pemecatan sepihak partai. Dia berharap ada solusi adil untuk kedua belah pihak pada tahap mediasi pada 28 November di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Kami sangat berharap mediasi besok tanggal 28 ini bisa memberikan hasil yang win win solution lah yang bisa memberikan rasa adil kedua belah pihak," kata Misriani.

DPP Gerindra sudah mengirimkan kuasa hukum untuk mediasi di persidangan. Namun, dia berharap, petinggi partai Gerindra bisa memperhatikan kondisi ini lebih serius supaya kedepannya bisa baik.

"Saya rasa kami hanya terpaksa harus melakukan (gugatan) ini karena ada putusan (pemecatan) itu, tapi kami berharap sebenarnya ini bisa selesai di DPP," ucapnya.

Hingga saat ini, Misriani tidak mengetahui pasti alasan pemecatannya.
Namun, apapun itu ia berharap masih bisa tetap bersama sebagai keluarga partai Gerindra yang solid.

"Apalagi saya perempuan tentu dalam undang-undang parpol kami harus memenuhi kuota di dalam struktur organisasi, sehingga alangkah sayangnya kalau kami ada perempuan siap untuk bekerja lantas tidak ditemukan solusi untuk tetap bersama-sama di partai Gerindra," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Awal Mula Gugatan

Untuk diketahui, sejumlah caleg Partai Gerindra melayangkan gugatan terhadap DPP Partai Gerindra, Mulan Jameela Cs dan KPU ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Salah satunya Misriyani Ilyas yang posisinya tergeser oleh Caleg DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Adam Muhammad. Padahal Misriyani meraih suara lebih tinggi, yaitu 10.057 suara. Sedangkan Adam memperoleh suara 9.599 suara. Sementara Gerindra meraih suara 7.711 suara.

Nasib Misriani sama dengan caleg Partai Gerindra lainnya yang dipecat partai setelah menang Pemilu. Mereka adalah Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi yang digantikan Mulan Jameela dari Dapil Jabar XI, lalu Katherine A OE Dapil Kalbar I menggantikan Yusid Toyib.

Kemudian, Yan Parmenas Mandenas dari Dapil Papua menggantikan Steven Abraham dan Sugiono Dapil Jateng I menggantikan Sigit Ibnugroho Saraspromo. (mdk/noe)

Baca juga:
VIDEO: Sidang Gugatan Caleg Gerindra, Dipecat Partai Setelah Lolos DPR
Sidang Gugatan Eks Caleg Gerindra Terhadap Sugiono Masuk Tahap Mediasi
Dipecat Gerindra Sehari Sebelum Dilantik, Caleg DPRD Sulsel Mengadu ke Prabowo
Ngaku Bakal di Komisi VII, Mulan Jameela Berkelit Ditanya Soal Mitra Kerja
Caleg yang Dipecat: Politik Balas Budi Prabowo Dimanfaatkan Elite Gerindra
Caleg yang Dipecat Gerindra: Semoga Allah Beri Kemudahan Mulan Jameela