Gugus Tugas Covid-19 Sumsel Sebut Jaga Jarak 82 Persen Cegah Penularan

Gugus Tugas Covid-19 Sumsel Sebut Jaga Jarak 82 Persen Cegah Penularan
PERISTIWA » BANYUWANGI | 4 Juli 2020 18:59 Reporter : Irwanto

Merdeka.com - Menjaga jarak satu meter lebih besar pengaruhnya dalam mencegah penularan Covid-19. Hal ini berdasarkan hasil penelitian ahli epidemologi dunia yang dilakukan sejak masa pandemi.

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumsel yang juga ahli epidemologi Iche Andriyani Liberty menjelaskan, menjaga jarak menurunkan potensi penularan virus corona 82 persen atau paling tertinggi dari cuci tangan dengan sabun 10 kali sehari (34 persen) dan memakai masker (44 persen). Penelitian ini sudah diumumkan secara global sepekan lalu.

"Tiga cara itu menjadi kunci agar penularan bisa ditekan," ungkap Iche, Sabtu (4/7).

Menurut dia, penelitian tersebut dapat dipertanggungjawabkan karena dilakukan oleh pakar dunia. Dia berharap hasil studi menjadi pedoman masyarakat ketika beraktivitas di luar rumah.

"Kita tetap bisa berproduktif seperti biasa tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan yang saya sebut tadi," ujarnya.

Dikatakannya, angka penularan corona di Sumsel tak kunjung berkurang. Hari ini sana ada 49 kasus terkonfirmasi positif baru yang terdiri dari Palembang 26 kasus, Muara Enim 17 kasus, Banyuasin 3 kasus, Lahat 2 kasus dan Kabupaten Ogan Ilir 1 kasus.

"Total kasus positif di Sumsel sampai saat ini ada 2.205 kasus," kata dia.

Dari jumlah itu, 1.251 orang diantaranya dinyatakan sembuh setelah terjadi penambahan 34 pasien hari ini. Sedangkan kasus meninggal tidak ada tambahan, angkanya masih 104 orang.

"Masih ada 1.154 kasus positif yang aktif. Kami minta pasien tanpa gejala konsisten menjalani isolasi mandiri di rumah atau karantina di rumah sehat agar tidak ada penularan baru," tegasnya. (mdk/cob)

Baca juga:
Saat Plastik Jadi Tameng di Kehidupan New Normal
Gugus Tugas Banyuwangi Akan Gelar Patroli Untuk Kembali Disiplinkan Warga
Antisipasi Corona, Jeepney di Filipina Pasang Sekat Plastik
IKAPII Minta Pemprov DKI Sediakan Partisi di Lapak Pedagang
Mendag Agus: Ada Kasus Positif Corona, Pasar Tradisional Harus Segera Ditutup

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami