Gugus Tugas Sebut Kasus Covid-19 di Kaltim Meningkat Pesat

Gugus Tugas Sebut Kasus Covid-19 di Kaltim Meningkat Pesat
PERISTIWA | 10 Juli 2020 20:50 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Kasus pasien positif Covid-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) bertambah 19, sehingga total 642 kasus. Angka kematian pun bertambah menjadi 12 kasus. Gugus Tugas menyatakan terjadi peningkatan kasus cukup pesat di tengah masa relaksasi.

"Perlu tingkatkan kewaspadaan. Nyata, bahwa kasus di Kalimantan Timur sejak adanya pelonggaran atau relaksasi ini, menunjukkan peningkatan yang cukup pesat," kata kata Jubir Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak dalam penjelasan virtual, Jumat (10/7).

Sebaran 19 kasus itu ada di kabupaten Paser lima kasus, kota Balikpapan enam kasus, kota Samarinda lima kasus, serta di Kutai Kartanegara, Berau dan Kutai Timur masing-masing satu kasus.

"Total kasus yang sampelnya diperiksa di laboratorium ada 5.326 kasus (sejak awal kasus Covid-19 di Kaltim di bulan Maret 2020). Terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini 19 kasus, dan yang masih menunggu hasil pemeriksaan 727 kasus," tuturnya.

Andi menerangkan, kasus Covid-19 di Samarinda pun mencatatkan sembilan pasien sembuh hari ini di Kabupaten Paser dan Samarinda satu kasus serta Balikpapan tujuh kasus. "Pasien sembuh dari Covid-19 di Kalimantan Timur ada 477 kasus," ujar Andi.

"Satu pasien berstatus PDP (pasien dalam pengawasan) warga Kalimantan Selatan yang ada di Samarinda, meninggal hari ini. Dengan demikian, ada kasus positif Covid-19 meninggal dunia menjadi 12 kasus," tambah Andi.

Dijelaskan Andi, Gugus Tugas Covid-19 Kalimantan Timur menyimpulkan terjadi peningkatan kasus Covid-19 cukup tinggi satu bulan terakhir di Kalimantan Timur, di bandingkan tiga bulan sebelumnya.

Fakta itu dinilai sebagai imbas dari penerapan relaksasi atau pelonggaran pembatasan yang diterapkan kabupaten dan kota, menuju tatanan kehidupan baru atau new normal. Untuk itu, Andi mewanti-wanti agar masyarakat patuh dengan protokol Covid-19. (mdk/cob)

Baca juga:
Saat Covid-19 'Menyerang' Sekolah Prajurit
Ketua PBNU : Covid-19 ini Nyata, Bukan Konspirasi
Dokter RS Sultan Agung Semarang Meninggal Akibat Covid-19
Menko Luhut Dorong Kaltim Genjot Hilirisasi Selamatkan Ekonomi Imbas Pandemi
Jumlah Penumpang Meningkat, Bandara Adi Soemarmo Perketat Protokol Kesehatan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami