Guncangan Gempa di Mindanao Filipina Dirasakan Hingga Kepulauan Talaud dan Sangihe

PERISTIWA | 29 Oktober 2019 10:22 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Guncangan gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,6 yang terjadi di Mindanao Filipina pada Selasa (29/10) pagi, dirasakan hingga wilayah Indonesia. Ge,pa itu dirasakan di wilayah Tahuna hingga Talaud.

"Gempa bumi Mindanao dirasakan hingga di wilayah Indonesia seperti Tahuna, Sangihe, Melonguane, dan Talaud dalam skala intensitas II-III MMI. Di wilayah tersebut guncangan dirasakan seperti truk berlalu," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta.

Gempa dengan kedalaman 15 kilometer tersebut dipicu oleh aktivitas sesar aktif yang belum dikenali.

Menurut Daryono, gempa Mindanao, sebenarnya sudah didahului gempa pembuka yang mengguncang kuat pada 16 Oktober 2019 atau 12 hari lalu dengan magnitudo 6,4.

Dampak gempa saat itu menyebabkan setidaknya satu orang meninggal dunia dan lebih dari 24 orang terluka akibat guncangan kuat yang merusak bangunan saat gempa pembuka tersebut.

"Gempa kali ini magnitudonya lebih besar, sehingga tampaknya gempa kali ini akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah, karena peta tingkat guncangannya (shake map) menunjukkan guncangan mencapai skala intensitas VII MMI. Artinya dapat terjadi kerusakan sedang hingga berat," ujar dia.

Dia menyatakan, wilayah Indonesia yang memiliki banyak sesar aktif perlu mewaspadainya dan belajar dari peristiwa gempa yang terjadi di Mindanao agar selalu waspada terhadap dampak gempa. Seperti diberitakan Antara. (mdk/gil)

Baca juga:
Gempa Bermagnitudo 3,7 Guncang Wilayah Sukabumi, Warga Diminta Waspada
Gempa Bumi Magnitudo 5.9 Mengguncang Bengkulu
Reaksi Siswa di Aceh Latihan Simulasi Gempa dan Tsunami
Gempa Magnitudo 3,4 Guncang Ambon
Gempa di Ambon, Siswa SMP Meninggal Tertimpa Bangunan Toko
Gempa Guncang Cilacap Hingga Bantul, Tak Berpotensi Tsunami
Menkes Rencanakan Datangi Lokasi Terdampak Gempa M 6,5 di Maluku

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.