Gunung Agung Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 2000 Meter

PERISTIWA | 11 April 2019 18:38 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Gunung Agung di Kabupaten Karangasem Bali, kembali erupsi pada Kamis (11/4) sekitar pukul 18.47. Dari data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Agung tercatat dengan tinggi kolom abu teramati 2.000 meter di atas puncak.

Selain itu, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 25 mm dan durasi 2 menit 8 detik, dan terdengar suara gemuruh lemah di Pos Rendang, Karangasem, Bali.

Perlu diketahui, saat ini Gunung Agung berada pada Status Level III (Siaga) dan masyarakat di sekitar Gunung Agung dan agar tidak melakukan pendakian dan tidak melakukan aktivitas apapun di zona perkiraan bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung.

Selain itu, zona perkiraan bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual atau terbaru. (mdk/rhm)

Baca juga:
PVMBG Sebut Erupsi Gunung Agung Belum Berhenti
Kepanikan di Pura Besakih saat Gunung Agung Erupsi
BNPB Pantau Aktivitas 4 Gunung Berapi
Bikin Status Hoaks Terkait Gunung Agung, Yustiawan Dicari Polisi
Gunung Agung Kembali Erupsi
Gunung Agung Kembali Erupsi, Kolom Abu Tak Teramati karena Mendung

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.