Gunung Ile Lewotolok Erupsi, Hujan Debu Terjang Lima Desa di Lembata

Gunung Ile Lewotolok Erupsi, Hujan Debu Terjang Lima Desa di Lembata
Gunung Ile Lewotolok Semburkan Abu Tebal. ©2020 Merdeka.com/Ananias Petrus
NEWS | 31 Juli 2021 22:00 Reporter : Ananias Petrus

Merdeka.com - Hujan pasir menerjang lima desa di kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (31/7). Badai ini diakibatkan oleh aktivitas erupsi gunung api Ile Lewotolok yang terus terjadi.

Lima desa yang diterjang hujan pasir adalah, Waowala, Tanjung Batu, Amakaka, Lamawara dan Bunga Muda. Kelima desa ini berada di kecamatan Ile Ape.

Masyarakat yang panik langsung menyelamatkan diri dalam rumah masing-masing. "Sebelum hujan pasir terdengar bunyi dentuman dan gemuruh di atas gunung," kata salah satu warga desa Bunga Muda.

Plt Bupati Lembata, Thomas Ola Langoday kepada merdeka.com mengatakan, hujan pasir terjadi sekitar pukul 15:00. Selain itu hujan deras juga terjadi di puncak gunung api Ile Lewotolok.

"Semoga api yang membakar vegetasi di atas gunung cepat padam. Semoga juga hujan di atas puncak gunung tidak sebabkan banjir lahar dingin," ungkap Thomas.

Menurutnya, camat berserta BPBD sedang berkeliling desa di sekitar gunung agar tidak panik, namun tetap waspada.

Sementara itu, rilis yang diterima dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ile Lewotolok meminta masyarakat menggunakan masker, atau sarana penutup mata untuk mencegah adanya gangguan penglihatan, dan ISPA apabila terjadi hujan abu maupun pasir.

Untuk saat ini pihak PPGA melarang masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Hujan lebat terjadi karena pengaruh cuaca dan tidak ada kaitannya dengan aktivitas erupsi gunung. Masyarakat diimbau untuk tidak panik dan selalu mengikuti rekomendasi dari pihak PPGA. Warga di Ile Ape juga selalu waspada akan bahaya banjir lahar dingin di di sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS). (mdk/ray)

Baca juga:
Kebakaran Hutan dan Padang Rumput Akibat Erupsi Gunung Ile Lewotolok Semakin Meluas
Erupsi Gunung Ile Lewotolok NTT, Bergemuruh dan Lontarkan Lava Pijar
Kembali Erupsi, Gunung Ili Lewotolok Semburkan Asap Putih Setinggi 1.500 Meter
Erupsi, Gunung Ili Lewotolok Semburkan Asap Putih Setinggi 1.000 Meter
Dalam Sehari, Gunung Ili Lewotolok NTT Terjadi 19 Kali Letusan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami