Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 700 Meter

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 700 Meter
Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi. ©2021 Liputan6.com/Gholib
PERISTIWA | 9 Maret 2021 10:18 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah meluncurkan awan panas guguran dengan jarak luncur sejauh 700 meter ke arah barat daya pada Selasa (9/3) pagi.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida melalui keterangan resminya di Yogyakarta, Selasa, menyebutkan awan panas guguran itu terjadi pada pukul 06.33 WIB. "Awan panas guguran tercatat di seismograf dengan amplitudo 36 mm dan durasi 99.52 detik," kata Hanik.

Pada periode pengamatan pukul 00.00 sampai 06.00 WIB, teramati 16 kali guguran lava pijar keluar dari Merapi. Jarak luncur maksimalnya 1.200 meter ke arah barat daya.

Gunung api aktif itu juga terdeteksi mengalami 30 gempa guguran dengan amplitudo 3-35 mm selama 14-107 detik, dan satu kali gempa embusan dengan amplitudo 7 mm selama 17 detik.

Hingga kini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga. Guguran lava dan awan panas Gunung Merapi diperkirakan bisa berdampak ke wilayah sektor selatan-barat daya yang meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih. (mdk/yan)

Baca juga:
Senin Pagi, Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 1,3 Km
Penampakan Luncuran Lava Pijar Gunung Merapi
Gunung Merapi Puluhan Kali Luncurkan Lava Pijar
Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Sejauh 1,2 Km
Butuh Puluhan Tahun, Ini Kata BTNGM Terkait Pemulihan Hutan Pasca Erupsi Merapi
Pemulihan Hutan Terdampak Erupsi Gunung Merapi Butuh Waktu Puluhan Tahun

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami