Gunung Merapi Muntahkan Guguran Lava Pijar

Gunung Merapi Muntahkan Guguran Lava Pijar
Gunung Merapi. ©Reuters
PERISTIWA | 15 Januari 2021 11:07 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah mengeluarkan guguran lava pijar dengan jarak luncur 400 meter ke arah Kali Krasak. Gunung Merapi satu kali meluncurkan guguran lava pijar selama periode pengamatan pukul 00.00-06.00 WIB.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), Hanik Humaida mengatakan, selama periode pengamatan itu, BPPTKG juga mendeteksi 25 kali gempa guguran beramplitudo 4-12 mm dengan durasi 16-68 detik, dua kali gempa fase banyak beramplitudo 7-8 mm dengan durasi 8-9 detik, dan satu kali gempa tektonik jauh beramplitudo 9 mm dengan durasi 238 detik.

Seperti dilansir dari Antara, asap kawah tidak keluar dari puncak Gunung Merapi. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur di kawasan gunung api itu.

Selama pengamatan pada Kamis (14/1) pukul 18.00-24.00 WIB, BPPTKG mencatat 17 kali guguran lava pijar keluar dari Gunung Merapi dengan jarak luncur 600 meter ke arah Hulu Kali Krasak.

BPPTKG mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga. Dampak letusan Gunung Merapi diperkirakan meliputi area dalam radius lima kilometer dari puncak.

BPPTKG meminta para pelaku usaha wisata dan pendaki tidak melakukan kegiatan kawasan yang rawan terdampak letusan Merapi. (mdk/fik)

Baca juga:
Belum Mengungsi, Warga Desa Sidorejo Klaten Lebih Takut Corona ketimbang Merapi
Telah Masuk Fase Erupsi, Ini 5 Potret Guguran Lava Merapi dari CCTV
BPPTKG Yogyakarta Sebut Kubah Lava Gunung Merapi Sudah Terbentuk
Gunung Merapi Keluarkan 15 Kali Guguran Lava Pijar, Begini Kabar Terbarunya
Gunung Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 600 Meter
Dalam 6 Jam Gunung Merapi Keluarkan 7 Guguran Lava Pijar dan 1 Awan Panas Guguran

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami