Gus Ipul berat hati bila Anas mundur dari cawagub

PERISTIWA » BANYUWANGI | 6 Januari 2018 15:18 Reporter : Bruriy Susanto

Merdeka.com - Bakal Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf keberatan apabila pasangannya Abdullah Azwar Anas mengundurkan diri dari kontestasi pesta demokrasi Pilkada Jatim.

"Bagi saya ini sangat mengagetkan dan tentu saja tidak bisa saya terima dengan mudah," kata Gus Ipul, panggilan akrab Saifullah Yusuf kepada media, Sabtu (6/1).

Mundurnya Anas sangat disayangkan. Pasalnya sosok Anas sebagai Bupati Banyuwangi banyak prestasi yang dicatat dalam membangun kota paling timur di Jawa Timur ini.

"Tidak bisa kita pungkiri bahwa sosok Mas Anas ini adalah salah satu putra terbaik negeri ini. Kinerja dan segala capaian di Banyuwangi telah menjadi bukti nyata keberhasilannya," kata dia.

Gus Ipul sangat menyayangkan apabila Anas mundur sebagai bakal calon wakil gubernur.

"Jujur saya sangat menyayangkan hal ini terjadi. Tapi inilah realitas politik, di mana perubahan sangat cepat terjadi. Hal-hal yang tak terduga dapat muncul dari arah dan cara yang kita tak pernah prediksi sebelumnya. Baik terjadi secara natural maupun dengan segala agenda terselubung di belakangnya," katanya.

Lanjut Gus Ipul, apapun yang terjadi, dirinya yakin Allah pasti punya kehendak lain.

"Yang pasti inilah jalan-nya yang terbaik untuk saya untuk mas Anas dan untuk Masyarakat Jawa Timur," ucap dia.

Meski demikian menurut Gus Ipul, apa yang terjadi akhir-akhir ini sudah menjadi hal yang biasa dalam politik.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus bagi Mas Anas. Adalah sebuah kehormatan bisa sempat didampingi oleh seorang Bupati berprestasi yang sudah diakui di level nasional bahkan dunia," kata mantan Ketua GP Anshor ini.

Kata Gus Ipul, sekarang yang menjadi pekerjaan rumah bukan hanya perkara pendaftaran pilkada, tapi jauh lebih besar dari itu yaitu bagaimana jutaan anak muda dengan harapan dan tantangan zamanya yang harus kita pikirkan bersama, agar menjadi pemenang di negeri sendiri dan mampu bertarung di pentas global.

"Bagaimana menyusun langkah agar keluarga, terutama Ibu-ibu menjadi jauh lebih berdaya dan menjadi pahlawan-pahlawan baru di keluarganya, bagaimana pariwisata Jawa Timur bisa menjadi andalan perekonomian Jawa Timur, bagaimana kita bisa berkolaborasi bersama membesarkan UMKM di Jawa Timur, bagaimana jutaan santri dapat menjadi garda terdepan inovasi dakwah negeri ini di era digital dalam menebar kebaikan, dan bagaimana bagaimana lainnya yang tujuannya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur. Bahagia lahir batin," kata Gus Ipul.

Harap Gus Ipul, yang saat ini harus dilakukan adalah fokus kedepan, melangkah bersama, bergandengan tangan, menjadikan momen ini agar kita semua menjadi jauh lebih baik. Sambil terus bertawakal dan berdoa agar negeri ini khususnya Jawa Timur diberikan kekuatan dan kemudahan oleh Allah SWT untuk dapat lebih sejahtera.

"Terkait keputusan tentang siapa yang selanjutnya akan maju bersama saya, hal tersebut saya serahkan kepada PDI-P yang saat ini juga terus berkoordinasi dengan kami," katanya. (mdk/paw)


Gus Ipul sebut Anas sering diancam dan diteror
PDIP beri ruang Azwar Anas konsentrasi di Banyuwangi
Spekulasi di balik keputusan Azwar Anas kembalikan mandat ke PDIP
PDIP belum tentu setujui pengunduran diri Anas di Pilgub Jatim
Tangis Sekjen PDIP kutuk kampanye hitam yang serang Azwar Anas

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.