Gus Sholah Meninggal Dunia

Gus Sholah Meninggal Dunia
Ma'ruf Amin jenguk Gus Sholah. ©2018 Merdeka.com
NEWS | 2 Februari 2020 21:44 Reporter : Randy Ferdi Firdaus

Merdeka.com - Kabar duka datang dari Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Sang pengasuh Ponpes, Solahuddin Wahid alias Gus Sholah menghembuskan nafas terakhir, Minggu (2/2).

Kabar ini diinformasikan oleh anaknya, Irfan Wahid atau Ipang Wahid.

"Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20:55. Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu...," tulis putra dari Gus Sholah, Irfan Wahid dalam akun twitternya, Minggu (2/2).

2 dari 3 halaman

Ipang Wahid menjelaskan, kesehatan ayahnya menurun sejak dua minggu lalu. Saat itu, Gus Sholah mengalami gangguan di organ jantung.

"Ada keluhan ritme jantung yang tidak beraturan," ujar dia.

Tim dokter yang merawat Gus Sholah melakukan ablasi atau operasi untuk mengatasi gangguan irama jantung atau aritmia dengan menggunakan kateter yang dimasukkan ke dalam ruang dalam jantung.

"Dilakukanlah ablasi semacam kateter untuk mengisolir elektromagnetik liar," ucap Irfan.

3 dari 3 halaman

Gus Sholah lahir di Jombang, 11 September 1942. Dia adalah seorang aktivis, ulama, politisi, dan tokoh HAM di Indonesia. Dia pernah menjadi anggota MPR pada masa awal reformasi 1998.

Gus Sholah juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komnas HAM. Bersama kandidat presiden Wiranto, ia sempat mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden pada pemilu presiden 2004. Langkahnya terhenti pada babak pertama, karena menempati urutan ketiga.

Salahuddin Wahid merupakan putra dari pasangan K.H. Wahid Hasyim dengan Sholehah. Dia merupakan adik kandung dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). (mdk/rnd)

Baca juga:
Gus Sholah Kritis di Rumah Sakit
Gus Sholah akan Dimakamkan di Tebuireng Jombang
Gus Sholah, Ketua Komite Bantuan Kemanusiaan Sukses Redam Konflik Aceh
Wapres Ma'ruf Jadi Imam Salat Jenazah Gus Sholah
Muhammadiyah: Gus Sholah Teladan bagi Umat dan Bangsa
Gus Sholah, Sosok Ulama dan Cendekiawan yang Negarawan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami