H+2 Lebaran, Harga Gula pasir Mulai Stabil di Rp12.500 per Kg

H+2 Lebaran, Harga Gula pasir Mulai Stabil di Rp12.500 per Kg
PERISTIWA | 26 Mei 2020 10:45 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan, harga gula di pasaran mulai stabil sesuai dengan Harga Eceran Tertingi (HET) Rp12.500 per Kg. Seperti diketahui, pemerintah telah melakukan operasi pasar untuk menurunkan harga gula yang sempat tinggi melebihi HET.

"Operasi pasar hari ketiga setelah lebaran memang melihat aktivitas pasar pada pagi ini sebagian sudah ada yang buka dan operasi pasar setiap hari ke depan untuk mengantisipasi mengenai stabilitas harga gula dan pada hari ini gula dalam operasi pasar dijual dalam Rp12.500," kata Agus dalam operasi pasar di Pasar Jatinegara Jakarta, Selasa (26/5).

Menurutnya, dengan banyaknya pasar yang sudah buka, maka penting untuk menerapkan beberapa hal yang harus dilakukan untuk antisipasi ke depannya supaya bisa tetap menjaga stabilitas harga gula di pasar, dan tentunya menerapkan protokol kesehatan.

"Stok ini cukup hari ini, kita 12 ton untuk per hari ini dan itu akan dilakukan berapa hari ke depan pada dasarnya stok gula aman," katanya.

Dia menjelaskan, ada beberapa faktor yang menyebabkan harga gula pasir beberapa waktu lalu yang tinggi di pasaran. Di antaranya, distribusi yang terganggu akibat virus corona, mata rantai yang panjang, dan jadwal penggilingan yang molor dari yang seharusnya April menjadi Juni sehingga pemerintah harus menambah impor.

1 dari 1 halaman

Untuk itu, pihaknya masih mempersiapkan beberapa tahapan untuk mengatur jadwal penggilingan, yang kemudian disesuaikan dengan pendistribusian ke pasar maupun ritel-ritel.

"Kita juga akan pantau terus, dan operasi pasar ini salah satu untuk menstabilkan harga di luar itu memang agak sulit. Dengan operasi pasar inilah yang kita lakukan terus-menerus dengan Satgas pangan nanti juga akan ada mengenai distribusi pangan ini akan dipantau terus dengan direktorat dan bekerjasama dengan Satgas pangan untuk memantau dan menindak tegas distributor-distributor yang nakal," tegasnya.

Agus mengatakan, operasi pasar ini tidak hanya dilakukan di pusat saja, melainkan juga di daerah-daerah di seluruh Indonesia. Dia menjelaskan, operasi pasar akan terus dilakukan hingga harga stabil.

"Kita akan lakukan terus-menerus tidak hanya disini dan beberapa daerah juga terutama di seluruh provinsi di Indonesia. Kita akan melakukan operasi pasar hingga harga stabil. Oleh karena itu kami berusaha dengan mengedepankan protokol kesehatan secara bertahap," tandasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Kemendag Grebek Distributor Nakal yang Naikkan Harga Gula
Mendag Agus Bongkar Permainan Distributor Nakal Buat Harga Gula Melambung Tinggi
6 Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami oleh Wanita ketika Kebanyakan Gula
Mendag: Jika Ada Pedagang Jual Gula Lebih Mahal dari HET, Segera Laporkan
Tekan Harga Gula, Kemendag Diminta Rutin Gelar Operasi Pasar
Bulog Klaim Stok Gula Cukup Sampai Lebaran

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5