Hadiri Gebyar Pendidikan, Mendikbud Pamer Capaian Kinerja Pemerintah Jokowi

PERISTIWA | 16 Maret 2019 17:51 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memaparkan sejumlah capaian keberhasilan program bidang pendidikan di era Presiden Joko Widodo. Salah satu yang dipamerkan adalah fasilitas pendidikan bagi warga kurang mampu lewat Kartu Indonesia Pintar.

"Keberhasilan Pemerintah saat ini, ditandai dengan mampunya kita mengatasi pendidikan bagi anak-anak kurang mampu. Di mana akses tersebut kita mudahkan dengan adanya program Kartu Indonesia Pintar (KIP)," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy saat hadir di acara Gebyar Pendidikan dan Kebudayaan di Lapangan Maulana Yudha, Kabupaten Tangerang, Sabtu (16/3).

Menurutnya, pemerintah Jokowi juga lebih memperhatikan pendidikan di daerah yang masuk golongan 3T, yakni tertinggal, terdepan dan terluar.

Contohnya, dengan telah berdirinya 4.000 bangunan sekolah baru di berbagai jenjang pendidikan Dasar, Menengah dan Atas.

"Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang telah kita berikan juga bagi 7 juta anak usia sekolah," lanjutnya.

Muhadjir menerangkan, daerah yang dikategorikan masuk golongkan 3T itu yakni, daerah Kepulauan Bintang, Kepulauan Batu dan Kepulauan Komodo.

"Di sana menjadi fokus perbaikan pendidikan. Karena seperti pesan dari Pak Presiden, harus menyiapkan sumber daya manusia di usia muda sehingga mampu mengejar ketertinggalan dengan negara lain," kata Muhadjir.

Dalam kesempatan tersebut, Muhadjir juga membagikan beberapa hadiah kepada para siswa di Kabupaten Tangerang berupa sepeda yang bisa menjawab pertanyaan.

"Anak-anaku yang bisa jawab pertanyaan Bapak, kasih hadiah. Siapa mau?," ujar Muhadjir.

Baca juga:
Antisipasi Koneksi Internet Padat, Soal UTBK Harus Diunduh Panitia Sebelum Ujian
Mendikbud Kaget Banyak Guru di Banyuasin 20 Tahun Mengabdi Masih Honorer
Mendikbud: Pendidikan Bencana Tak Masuk Daftar Pelajaran
Gandeng Kemendes, Mendikbud Targetkan 20 Ribu PAUD Selesai Dibangun Tahun Ini
Mendikbud Akan Kaji Penerapan Pelajaran PMP

(mdk/ray)