Halal Bihalal Lintas Iman, Menag Minta Toleransi Jangan Terbatas Simbolik Perayaan

Halal Bihalal Lintas Iman, Menag Minta Toleransi Jangan Terbatas Simbolik Perayaan
Sertijab Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. ©Biropers Kemenag
NEWS | 18 Mei 2021 19:09 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak tokoh dan umat beragama untuk merawat dan meningkatkan toleransi dan kerukunan umat beragama. Toleransi harus diwujudkan dalam kehidupan keagamaan dan sosial bangsa, jangan terbatas pada simbolik perayaan semata.

"Mari terus meningkatkan toleransi dan kerukunan umat beragama. Tidak terbatas simbolik perayaan ataupun peringatan keagamaan, namun terus ditingkatkan dalam kehidupan keagamaan dan kehidupan sosial kita," katanya saat menghadiri Halal Bihalal Digital Lintas Iman, Selasa (18/5).

Dia menjelaskan sikap moderat dalam beragama atau moderasi beragama diyakini dapat memupuk sikap toleransi dan kerukunan umat beragama. Sebab itu seluruh umat beragama diharapkan memiliki cara pandang, sikap dan praktik beragama dalam perspektif jalan tengah yang melindungi martabat kemanusiaan.

Sementara itu dia pun menyambut baik Halal Bihalal Lintas Iman yang dapat menjadi momentum untuk mempererat toleransi antar umat beragama di Indonesia. Terlebih, pada saat umat Muslim merayakan Idulfitri 1442 H lalu, umat Kristiani memperingati Kenaikan Yesus Kristus.

"Kedua perayaan dan peringatan pada hari yang sama ini termasuk momen langka. Menurut ahli astronomi dapat terjadi 200 tahunan," ungkapnya.

"Selain menjadi hari besar bagi umat agama masing-masing, perayaan Lebaran dan Kenaikan Yesus Kristus tahun ini bisa menjadi momentum untuk mempererat toleransi antarumat beragama di Indonesia," tambahnya. (mdk/eko)

Baca juga:
Menag: Momen Idulfitri dan Kenaikan Isa Almasih Penting untuk Merajut Kebersamaan
Menag Yaqut: Ramadan dan Idulfitri Saat Pandemi Memperkuat Nilai Kemanusiaan
Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1442 H Jatuh Pada Kamis 13 Mei 2021
MA Batalkan SKB 3 Menteri Terkait Seragam Sekolah
Jelang Kenaikan Isa Almasih, Menag Yaqut Terbitkan Aturan Prokes Beribadah di Gereja
Menag Keluarkan Edaran, Lansia Disarankan Tak Salat Id di Masjid dan Lapangan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami