Hamil 6 Minggu, Dua Jemaah Haji Embarkasi Solo Batal Berangkat

PERISTIWA | 12 Juli 2019 01:01 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, memulangkan 2 jemaah calon haji (calhaj) akibat hamil muda. Kedua calhaj tersebut adalah Adi Kurniawati Supangyo (33) asal Temanggung yang tergabung dalam kloter 17 dan Suparmi Manto Mulyono (42), kloter 10 asal Kabupaten Klaten.

"Keduanya tidak diperkenankan berangkat oleh tenaga medis PPIH karena dalam kondisi hamil. Usia kandungan mereka belum mencukupi untuk penerbangan," ujar Kepala Penerimaan dan Pemberangkatan PPIH Embarkasi Solo, Afief Mundzir," Kamis (11/7).

Menurut Afief, usia kandungan keduanya masih 6 minggu. Sehingga sesuai peraturan, tenaga medis tidak memperkenankan jemaah melakukan penerbangan dengan usia kandungan yang masih dini.

Akibatnya, untuk Suparmi, calhaj asal Klaten yang seharusnya didampingi oleh suami, namun terpaksa ikut menunda keberangkatan ke tanah suci. Terkait pemeriksaan kesehatan ini tenaga medis PPIH melakukan pengawasan secara ketat. Kedua jemaah ini bisa lolos di pemeriksaan kesehatan daerah karena sebelumnya keduanya belum hamil.

"Mereka baru ketahuan hamil di pemeriksaan terakhir saat di Asrama Haji Donohudan," katanya.

Afief menerangkan, kedua jemaah dan pendamping akan mendapat prioritas berangkat di tahun berikutnya. Prioritas ini diberikan dengan syarat keduanya tidak hamil lagi dalam pemberangkatan di tahun berikutnya. Prioritas ini bisa diberikan selama dua kali berturut-turut.

"Kalau tahun ini hamil dan tahun berikutnya hamil lagi, kami masih memberikan kesempatan selama dua tahun. Setelah itu mereka sudah bukan lagi jemaah prioritas dan otomatis menjadi jemaah reguler dan masuk daftar tunggu," katanya lagi.

Lebih lanjut Afief menyampaikan, sesuai dengan ketentuan medis, jemaah hamil yang tidak diperkenankan ikut penerbangan yakni yang usia kandungannya di bawah 3 bulan dan lebih dari 7 bulan. Karena usia tersebut merupakan kondisi yang rawan. Sehingga berbahaya kalau melakukan penerbangan jarak jauh.

Baca juga:
8 Tahun Sisihkan Keuntungan, Penjual Kacang Renteng Akhirnya Berangkat Haji
Perjuangan Samsul dan Istri, Banting Tulang Jualan Bakso demi Berangkat Haji
22.947 Jemaah Calon Haji Tiba di Mekkah
Puluhan Jemaah Calon Haji di Sumut Gagal Berangkat
Meski Sudah Berumur 103, Nenek Tiwa Berangkat Haji Sendiri

(mdk/bal)