Hardiknas, Kemendikbud Gelar Pameran Beasiswa untuk Pelajar dan Guru Berprestasi

PERISTIWA | 29 April 2019 09:00 Reporter : Dedi Rahmadi

Merdeka.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berharap pelaksanaan Hari Pendidikan Nasional berharap menjadi refleksi untuk memperkuat pendidikan di Indonesia sesuai dengan tema Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan.

Penyelenggaraan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan diikuti sekitar 5.000 orang yang memadati kantor Kemendikbud, Senayan Jakarta, untuk meramaikan kegiatan Harmoni Bersama Masyarakat, sebagai salah satu rangkaian acara memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019.

Pelaksanaan Hardiknas hari ini, kata Mendikbud, berlangsung sangat meriah dengan hadirnya ribuan orang dalam berbagai acara yang diselenggarakan, seperti jalan sehat bersama keluarga dan masyarakat, hiburan bersama artis ibu kota, dan festival band siswa dengan tema 'Saya Anak Anti Korupsi'.

Selanjutnya, juga ada tari tradisional yang dibawakan oleh mahasiswa asing peserta program Darmasiswa.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran Kemendikbud yang telah bekerja keras sehingga terselenggaranya kegiatan ini, dan juga seluruh masyarakat yang hadir memeriahkan acara Harmoni Bersama Masyarakat," ucap Muhadjir di Jakarta, Minggu (28/4).

Seluruh provinsi secara serempak menyelenggarakan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan, yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbud di daerah bekerja sama dengan pemerintah provinsi dan kabupaten-kota.

"Masing-masing daerah penyelenggaraan Pekan Pendidikan dan Kebudayaan yang dikoordinasikan oleh UPT Kemendikbud bekerja sama dengan dinas pendidikan provinsi dan kabupaten/kota. Selain itu, kita juga libatkan sebanyak mungkin para pelaku pendidikan," kata Muhadjir.

Selain itu, terdapat pameran beasiswa yang diperuntukan bagi yang ingin melakukan konsultasi dan membuat rencana studinya. Hal ini merupakan upaya pemerintah untuk memberikan wadah sekaligus sebagai sentral informasi bagi siapa saja yang mencari peluang beasiswa yang diselenggarakan oleh Kemendikbud.

Adapun pameran beasiswa ini akan berlangsung hingga 30 April 2019 mendatang dan berlokasi di Halaman Masjid Baitut Tholibin Kompleks Kemendikbud, Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta.

Namun, dalam kesempatan yang sama Muhadjir menerangkan bahwa Pameran Beasiswa dapat dimanfaatkan bagi para siswa yang telah diberikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk siswa seluruh Indonesia.

Sedangkan bagi guru yang berprestasi, dapat memanfaatkan pameran beasiswa ini berkonsultasi melanjutkan studi graduate program-nya atau mengambil kursus jangka pendek di luar negeri. Dimana, beberapa waktu lalu sudah dilakukan pengiriman 1.200 guru untuk belajar keluar negeri mengambil kursus selama kurang lebih satu bulan dengan tujuan agar para guru ini mendapat keterampilan tambahan dan memperluas wawasan dalam sistem pengajaran yang dapat diaplikasikan guna meningkatkan darma bakti terbaiknya untuk siswa di Indonesia.

(mdk/ded)