Hari Ibu, Bupati Dedi kenang perjuangan ibunda besarkan anak dengan ekonomi terbatas

Hari Ibu, Bupati Dedi kenang perjuangan ibunda besarkan anak dengan ekonomi terbatas
PERISTIWA | 22 Desember 2017 13:42 Reporter : Bram Salam

Merdeka.com - Ratusan ibu yang tergabung dalam organisasi Dharma Wanita memperingati Hari Ibu di Komplek Bale Maya Datar Purwakarta. Kegiatan yang secara rutin dilaksanakan setiap tanggal 22 Desember itu juga dihadiri oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Dalam sambutannya, Dedi mengatakan ibu merupakan sosok perkasa. Kaum ibu mampu menghadapi berbagai tantangan besar mulai dari masa kehamilan hingga melahirkan.

"Proses melahirkan itu ada di antara hidup dan mati. Tetapi, seorang Ibu mampu melewatinya dengan sangat perkasa," kata Dedi, Jum'at (22/12).

Tak berhenti sampai di situ, Dedi merefleksi perjuangan kaum ibu saat ini dihadapkan pada permasalahan ekonomi keluarga. Ia mencontohkan kondisi keluarganya yang bukan termasuk kalangan berada. Ibunya beranak sembilan dan kerap didera problem.

"Ibu saya anaknya banyak, sementara ekonomi terbatas. Tetapi ibu saya mampu mengatur uang dengan baik, dalam istilah Sunda mah mageuhkeun duit. Sampai akhirnya, kami bisa hidup, bisa sekolah dan saya menjadi Bupati," kenang Dedi.

Banyak tokoh besar, lanjut Dedi, yang mengalami kondisi serupa dengan pengalamannya. Di Indonesia ini, katanya, para pemimpin besar lahir dari hasil didikan ibu-ibu perkasa.

"Ibu-ibu di Indonesia semuanya perkasa, banyak tokoh besar di republik ini lahir, besar dan dididik oleh para ibu perkasa," tegasnya.

Salah satu kader terbaik Nahdhatul Ulama tersebut pun menangkap fenomena keperkasaan lain yakni kaum ibu sebagai tulang punggung keluarga. Banyak kaum ibu di Indonesia yang menjadi Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri.

"Ibu di Indonesia ini berani juga, mereka jadi TKI ke luar negeri, suaminya di rumah. Penghasilan ini mereka gunakan untuk membesarkan anak-anak hingga dewasa," kata Dedi. (mdk/lia)


Hasto sebut 22 Desember hari perjuangan perempuan Indonesia
Saat Sekjen PDIP dibuat pangling dandanan Happy Djarot, Eva & Ribka di Hari Ibu
Anas di Hari Ibu: Maafkan kami abaikanmu hingga tak sadar sudah keriput di wajahmu
Riwayat Solihah, ibu yang menghidupi anaknya dan naik haji dari buku loak
Peringati Hari Ibu, KLN bagikan 250 mawar di Taman Menteng
Jokowi akan hadiri peringatan Hari Ibu di Raja Ampat
Baca puisi Hari Ibu, Gus Ipul ajak perempuan tingkatkan potensi diri

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami