Hari Ini, Kemendagri Umumkan Temuan Tim Verifikasi Soal Desa Fiktif

PERISTIWA | 12 November 2019 09:03 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Dalam Negeri akan menyampaikan temuan tim verifikasi terkait keberadaan desa fiktif sebagai penerima dana desa. Pihak Kementerian Keuangan dan Kementerian Desa juga dijadwalkan hadir.

"Tim rapat jam tiga sore, kemungkinan jam empat sore bisa konferensi pers. Nanti mengundang kementerian lain, termasuk Kemendes dan Kemenkeu," kata Direktur Politik Dalam Negeri Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar, di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (11/11) malam.

"(Selasa) Akan terang benderang hasilnya seperti apa, baik dari sisi administrasi maupun dari sisi lainnya," tambah Bahtiar.

Bahtiar menambahkan, tim verifikasi sudah melakukan pengecekan langsung ke Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara tempat diduga desa fiktif berada. Tim ini terdiri dari 13 orang dan berasal dari seluruh direktorat jenderal kementerian. "Tim bertugas untuk mengumpulkan seluruh data dari daerah yang diduga desa fiktif," katanya.

Tim verifikasi itu sudah mengecek langsung dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Semua temuan di lapangan akan disampaikan ke jajaran Kemendagri untuk dibahas.

"Tim sudah turun ke Sulawesi Tenggara, koordinasi dengan Pemprov, Polda, Pemda Kabupaten Konawe dan Polres setempat," katanya.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Kemendagri Kirim Tim ke Konawe Usut Dugaan Desa Fiktif Penerima Dana Desa
Usut Desa Fiktif, Kemenko PMK Kirim Tim ke Konawe
Mendes Bantah soal Desa Fiktif, Mensesneg Bilang 'Biarkan Mendagri Bekerja'
Gubernur Sultra Serahkan Pengusutan Kasus Dana Desa Fiktif ke Polisi
Kasus Desa Fiktif, Ma'ruf Amin Minta Mendes Cek Periodik Penyaluran Dana Desa
Mendes: Sejauh Ini Belum Ada Desa Fiktif, Kita Sudah Lapor Sri Mulyani
Soal Kasus Desa Fiktif, Airlangga Bakal Panggil BPK dan Kemenkeu

(mdk/lia)