Hari ini, Rio Capella akan dengarkan tuntutan jaksa

Hari ini, Rio Capella akan dengarkan tuntutan jaksa
PERISTIWA | 7 Desember 2015 09:33 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) kembali menggelar sidang lanjutan dugaan suap penanganan perkara dugaan korupsi dana bansos Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan tersangka mantan Sekjen Partai NasDem Patrice Rio Capella. Sidang kali ini akan mendengarkan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum KPK.

Kuasa hukum Rio, Maqdir, berharap sidang kali ini diberikan yang terbaik.

"Ya benar, hari ini Pak Rio direncanakan menjalani sidang pukul 10.00 WIB. Kita harapkan yang terbaik untuk Pak Rio," ucapnya ketika dihubungi di Jakarta, Senin (7/12).

Dihubungi terpisah, Jaksa Penuntut Umum KPK, Yudi Kristiana membenarkan hari ini akan membacakan tuntutan untuk Rio.

"Iya hari ini akan membacakan tuntutan untuk Rio Capella. Di rencakanan Jam 10.00 WIB," tuturnya.

Saat ditanya lebih lanjut apakah Rio akan dituntut berapa tahun oleh JPU KPK, Yudi hanya menjelaskan dalam dakwaan sudah jelas dijerat dalam pasal 11 Undang-udang Nomer 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

"Sudah jelas dalam dakwaan pada pasal 11 dan uangnya pun sudah dikembalikan," tandasnya.

Pantauan merdeka.com Rio sudah siap untuk mendengarkan tuntutan di gedung tipikor, Jakarta dengan ditemani kuasa hukumnya, Maqdir.

Sebelumnya, pada 30 November 2015 dalam sidang pemeriksaan, terdakwa Rio akui telah menerima uang Rp 200 juta dari Gubernur nonaktif Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho dan istrinya Evy melalui anak buah Otto Cornelis Kaligis.

Atas perbuatannya Rio, dijerat dengan pasal 11 undang-undang Nomor 31 Tahun 1989 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomer 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-undang Nomer 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi. (mdk/rhm)


Divonis 3 tahun penjara, panitera PTUN Medan menangis
KPK belum mau tanggapi usulan Rio Capella jadi justice collaborator
Rio Capella dan penyesalan yang terlambat
Rio Capella akui terima Rp 200 juta dari Gatot buat ngopi-ngopi
Rio Capella: Saya hancur

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5