Harimau Berkeliaran di Kebun Sawit, Warga di Aceh Selatan Malah Mendekat

Harimau Berkeliaran di Kebun Sawit, Warga di Aceh Selatan Malah Mendekat
Harimau berkeliaran di kebun sawit Aceh. ©istimewa
NEWS | 22 Oktober 2021 01:39 Reporter : Alfath Asmunda

Merdeka.com - Seekor harimau Sumatera berkeliaran di dalam kebun sawit hutan produksi di Desa Simpang, Kecamatan Bakongan Timur, Aceh Selatan. Bukannya menghindar, beberapa warga di sana tampak mendekati lalu merekam satwa liar tersebut.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto mengatakan, aksi berbahaya yang dilakukan warga itu diketahui terjadi kemarin sore, Rabu (20/10). Jarak kemunculan harimau dengan permukiman warga disebut sekitar 2 kilometer.

Petugas BKSDA Aceh, kata Agus, telah diturunkan ke lokasi untuk menghalau harimau kembali ke habitatnya. Warga pun diminta untuk tidak mendekati lokasi kemunculan 'raja hutan' tersebut.

"Langkah antisipasi segera kami lakukan. Kami meminta masyarakat tidak mendekati lokasi kemunculan harimau, karena itu sangat riskan. Pergerakan harimau ini nggak bisa diduga-duga," katanya kepada merdeka.com, Kamis (21/10).

Agus menyebut, petugas BKSDA dan beberapa lembaga konservasi lingkungan, juga telah memasang kamera trap untuk memantau harimau.

Mereka ingin memastikan apakah harimau itu adalah individu yang sama, yang beberapa waktu lalu juga muncul di wilayah tersebut, namun berjarak sekitar 5 kilometer.

"Jika hasil kamera trap nantinya diperlukan penanganan terhadap harimau itu, kita akan selamatkan. Kita kembalikan ke habitatnya," ujarnya.

Agus mengimbau masyarakat jangan lagi melakukan aksi serupa dengan mengambil gambar, mendekati lokasi kemunculan harimau, dan tidak melakukan penanganan secara sendiri-sendiri yang dapat merugikan masyarakat maupun satwa itu sendiri. (mdk/bal)

Baca juga:
Kondisi Harimau Sumatera yang Mati Terkena Jerat di Riau
Balai Konservasi Riau Temukan Harimau Mati Terjerat di Bengkalis
Sempat Viral Harimau di Medan Zoo Kurus dan Makan Rumput, Begini Kondisinya Kini
Viral Harimau Sumatera di Medan Miliki Tubuh Kurus dan Disebut Makan Rumput
Empat Warga Sumbar Ditangkap saat Jual Kulit Harimau Sumatera
Penangkapan Harimau Sumatera di Permukiman Warga Siak

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami