Harimau Mangsa Kambing Milik Warga di Toba

Harimau Mangsa Kambing Milik Warga di Toba
harimau sumatera. ©REUTERS/Mike Blake
NEWS | 16 Januari 2021 00:04 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) dilaporkan turun ke permukiman di Dusun Sigalapang, Desa Meranti Timur, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba, Sumut. Satwa dilindungi itu bahkan diduga memangsa seekor kambing dan menyerang babi peliharaan warga.

Kejadian ini dilaporkan seorang warga, Lukman Siagian. Awalnya dia menerima informasi dari warga, kemudian turun ke lokasi untuk mengambil video sisa serangan itu dan mengunggahnya ke akun Instagram @salamsumutofficial.

"Pas kebetulan lagi di kampung, dapat informasi tersebut, makanya langsung ke lokasi dan melihat kambing itu," kata Lukman, Jumat (15/1).

Dia memaparkan, serangan harimau itu terjadi Rabu (13/1) malam. Menurut penjelasan kepala dusun setempat, Sinaga, awalnya dia mendengar suara dari kandang babinya. Saat memeriksa menggunakan senter ponsel, dia terkejut melihat seekor harimau menyerang babinya. Spontan Sinaga berteriak.

"Saya bentak dia tiga kali, harimau itu melompat keluar dari kandang. Saya waktu itu tidak ada rasa takut, jadi saya bentak dia waktu itu," ucap Sinaga.

Kejadian itu kemudian dikabarkan kepada tetangganya. Keesokan paginya, Kamis (14/1) sekitar pukul 06.30 WIB, Sinaga menemukan kambing milik adik iparnya mati. Bagian belakang tubuhnya, termasuk isi perutnya habis. Hanya bagian dada, kepala, dan dua kaki depan yang tersisa.

Serangan harimau di kampung itu pernah terjadi 2 tahun lalu. Satwa dilindungi itu memangsa seekor lembu.

Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA Sumut), Handoko membenarkan adanya kambing yang dimangsa harimau di Dusun Sigalapang. "Infonya ada. Tetapi ini tim masih turun ke lokasi. Belum bisa kita kasih detailnya ya. Kita lihat dulu perkembangannya ya," sebutnya.

Sebelumnya, harimau sumatera juga memangsa ternak lembu di Kabupaten Langkat. Bahkan sejak awal 2020 telah terjadi lebih dari 20 kali konflik serupa di kawasan itu. (mdk/eko)

Baca juga:
Harimau Sumatera Kembali Serang Lembu Milik Warga di Langkat
Teror Serangan Harimau di Bahorok Sumut Berlanjut, 2 Lembu Ditemukan Mati
Menelusuri Fakta Video Kemunculan Harimau di Hutan Jati Blora
Teror Harimau Sumatra Terjadi Lagi, Tertangkap Kamera Saat Mangsa Ternak Warga Sumut
Resahkan Warga, Harimau Sumatera di Aceh Singkil Ditangkap
2 Lembu di Bahorok Dimangsa Harimau

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami