Hasil Tes Swab Massal di Banyumas, 18 Orang Positif Covid-19

Hasil Tes Swab Massal di Banyumas, 18 Orang Positif Covid-19
PERISTIWA | 13 Juli 2020 09:49 Reporter : Abdul Aziz

Merdeka.com - Hasil sementara tes swab massal di Kabupaten Banyumas, 18 orang dinyatakan terkonfirmasi positif corona virus. Masing-masing orang memiliki latar beragam mulai dari lingkungan medis sampai pasar.

Tes massal dilakukan pada 1.085 orang dari aktivitas pencarian orang tanpa gejala (OTG). Tindakan pencarian OTG ini dimaksudkan untuk mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran covid-19.

"Sudah keluar hasil tes dari 444 orang. 18 terkonfirmasi positif," kata Bupati Banyumas, Achmad Husein di akun aplikasi berbagi foto dan video, Minggu (12/7) malam.

Husein merinci, masing-masing orang yang terkonfirmasi positif yakni 11 tenaga medis, 2 anggota satuan polisi pamong praja (Satpol PP). Selain itu 5 orang di Pasar Wage dan 1 orang di Pasar Manis.

Tindak lanjut yang dilakukan Pemkab Banyumas, akan dilakukan tes swab massal secara bertahap pada seluruh tenaga medis. Selain itu akan dilakukan test swab pula pada dinas atau opd yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat.

"11 tenaga medis dari dinas kesehatan sudah kita tracing. Untuk Satpol PP, satu ber-KTP Purbalingga. Dirawat di RS Banyumas," kata Husein.

Sedang Pasar Wage diputuskan ditutup sementara. Penutupan diberlakukan selama 3 hari yaitu Selasa (13/7) sampai Rabu (16/7).

"Penutupan untuk kita sterilisasi desinfectan juga tracing kepada yang positif. Dan kami nantinya melanjutkan tes swab secara bertahap," ujar Husein.

Sedang di pasar manis akan dilanjutkan tes swab. Jika nantinya harus ditutup, maka akan dilakukan penutupan pada Jumat (17/7) mendatang. (mdk/eko)

Baca juga:
Sumbang APD ke IDI, Ibas Ibaratkan Perang Tanpa Senjata Lawan Covid-19
Kasus Covid-19 Masih Tinggi, IDI Minta Pemerintah Evaluasi New Normal
Update Covid-19 di Secapa TNI AD: 1.182 Orang Positif, 98 Negatif
Rusia Negara Pertama Sukses Rampungkan Uji Klinis Vaksin Covid-19 ke Manusia
Nenek 80 Tahun Sembuh dari Covid-19
Menkes Berkantor di Surabaya Pantau Penanganan Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami