Hatta Ali Tak Ikut Gunakan Hak Pilih Ketua MA, Ini Alasannya

Hatta Ali Tak Ikut Gunakan Hak Pilih Ketua MA, Ini Alasannya
PERISTIWA | 6 April 2020 11:35 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua Mahkamah Agung (MA), Muhammad Hatta Ali, tidak menggunakan hak pilihnya dalam sidang paripurna khusus pemilihan ketua MA yang baru. Dia meminta maaf lantaran tak menggunakan hak pilihnya.

"Maaf ketua panitia dan seluruh peserta sidang yang saya muliakan, pada kesempatan ini saya tidak menggunakan hak pilih saya," ujar Hatta Ali, Senin (6/4).

Alasan Hatta Ali tak menggunakan hak pilihnya lantaran dalam beberapa hari ke depan dirinya akan memasuki masa pensiun, yakni pada 1 Mei 2020. Selain itu, dia juga mendukung seluruh calon ketua MA.

"Mengingat terhitung tanggal 1 Mei 2020 saya sudah memasuki pensiun. Oleh karena itu, kurang lebih sisa tiga minggu, di samping itu untuk menunjukkan objektivitas saya bahwa saya mendukung seluruh calon yang terpilih," kata dia disambut tepuk tangan para hakim agung yang hadir.

Hatta Ali menyebut, dirinya akan mendukung siapa pun hakim agung yang akan menggantikan posisinya. Dari 47 hakim agung, seluruhnya hadir dan akan menggunakan hak suaranya, kecuali Hatta Ali.

"Dan sama baiknya kualitas mereka di mata saya. Oleh karena itu saya meminta maaf kepada seluruh peserta sidang paripurna dan ketua panitia beserta anggotanya untuk (nama) saya dicoret untuk tidak melaksanakan hak pilih," kata dia.

Reporter: Fachrul Rozie

Sumber: Liputan6.com (mdk/lia)

Baca juga:
Hatta Ali Pensiun Jadi 'Wakil Tuhan'
Ketua MA Baru Diharapkan Sosok Berintegritas dan Tak Punya Catatan Hukum
Hari Ini, Mahkamah Agung Gelar Pemilihan Ketua Baru
Jokowi Minta Dasar Hukum Baru Usai MA Batalkan Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan
Jadwal Persidangan di MA Tetap Jalan, Penundaan Jadi Wewenang Majelis Hakim
KPK Telaah Penemuan Belasan Moge dan 4 Mobil Mewah di Gudang Nurhadi
Resmi Bebas, Karen Agustiawan Pilih Berkumpul dengan Keluarga

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami