Helmi Hasan Berdiri di Atas Kemanusiaan

Helmi Hasan Berdiri di Atas Kemanusiaan
Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan Berikan Bantuan Rasmie untuk Seluruh Warga yang tinggal di Kota Bengk. ©2020 Merdeka.com
NEWS | 14 September 2020 15:23 Reporter : Tim Merdeka

Merdeka.com - Seorang tukang pangkas rambut mengeluh. Hari itu, akhir Maret 2020. Hampir setiap hari tak ada pelanggan datang. Walaupun sekadar merapikan penampilan. Hari-harinya dihabiskan dengan berteman harapan. Segala cara dilakukan menyiasati keadaan. Menekan pengeluaran. Namun tak membuat beban berkurang. Ekonominya makin sulit. Hidupnya terhimpit.

Kepada seorang pria berusia 40 tahun, dia menceritakan semuanya. Pria itu merenung. Memikirkan keluhan tukang pangkas rambut yang ditemuinya hari itu. Ada kekhawatiran yang ditangkap. Pandemi Covid-19 memukul sendi kehidupan masyarakat.

Kisah tukang cukur itu mungkin hanya menjadi bagian dari cerita duka. Jika yang mendengarkan bukan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan. Di tangan Helmi Hasan, keluhan harus menghasilkan jalan keluar. Kedatangannya hari itu bukan sekadar untuk mendengarkan. Orientasinya pada kemanusiaan.

helmi hasan saat bertemu anak anak di girimulya
Helmi Hasan Bertemu anak-anak di Girimulya©2020 Merdeka.com

"Sehari kadang cuma 1 orang yang datang. Sedangkan mereka berlangganan air PDAM dan khawatir tidak sanggup membayar," kata Helmi menggambarkan situasi batin warganya yang mengalami kesulitan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Dari dialog dengan tukang pangkas rambut, Helmi membuat terobosan. Tujuannya meringankan beban. Pembayaran air PDAM digratiskan. Tidak tanggung-tanggung. Selama satu tahun. Sejak Maret 2020 hingga Februari 2021.

Helmi ingin kebijakannya tepat sasaran. Bagi warga yang benar-benar membutuhkan. Pembebasan dari kewajiban membayar air PDAM diperuntukkan bagi rumah tangga kelas 2A. Artinya hanya untuk kategori warga kelas menengah ke bawah. Setidaknya ada 3.000 pelanggan yang terbantu bebannya.

"PDAM juga selalu standby menyalurkan air bersih kepada masyarakat Kota Bengkulu yang sedang kekurangan atau kesulitan air bersih," ujarnya.

Memasang telinga untuk warga. Dilakukan Helmi bukan dari balik meja. Tapi turun langsung menemui mereka. Dalam rentang waktu delapan tahun, Helmi cukup rajin melihat kondisi warga yang sesungguhnya. Dia ingin warganya bahagia. Menyentuh hati warganya dengan perbuatan nyata. Termasuk di masa pandemi Covid-19.

APBD untuk Rakyat

Helmi berjalan di antara rumah warga yang berhimpitan. Satu karung beras diletakkan di pundaknya. Salah satu tangannya menjinjing kardus mi instan. Pintu rumah warga diketuk. Pintu dibuka, sang Wali Kota menyapa. Menanyakan kabar. Memberikan bantuan. Ucapan terima kasih dari warga sudah cukup membuat Helmi tenang. Cara itu dilakukan Helmi untuk menghargai warga yang menjaga diri. Berdiam di rumah. Menekan potensi penyebaran virus Covid-19.

wali kota bengkulu helmi hasan launching hd bahagia di rumah korban kebakaran
Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan Launching HD Bahagia di Rumah Korban Kebakaran ©2020 Merdeka.com

Rasmi, program bantuan sosial ala Pemkot Bengkulu. Ratusan ton beras, ribuan kardus mi instan disiapkan. Lalu dibagikan gratis kepada warga Bengkulu yang terdampak pandemi. Bantuan ini bukan sekadar hadiah. Jauh lebih dalam maknanya.

"Bantuan ini hadiah dan apresiasi bagi warga yang mematuhi anjuran pemerintah untuk berdiam dalam rumah selama program pencegahan penyebaran Covid-19," ujarnya di depan halaman salah satu warga penerima Rasmi pada April 2020.

Dapur warga harus terisi bahan pangan. Dan Negara menjawab kebutuhan warganya melalui berbagai cara. Rasmi membuktikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bengkulu digunakan untuk rakyat. Manfaat itu dirasakan betul. Salah satunya oleh seluruh warga Kelurahan Panorama, Kecamatan Singapati. Lurah Panorama Syafruddin mendata, 4.224 dus mi dan 4.224 paket beras yang masing-masing beratnya 15 Kg, telah disalurkan kepada warga pada Kamis (21/5/2020).

"Alhamdulillah, dengan pendistribusian rasmi, genap yang diterima masing-masing warga totalnya 20 KG beras dan 2 dus mi. Ini baru namanya APBD untuk rakyat. Masyarakat merasakan langsung manfaatnya, apalagi di tengah kondisi Covid-19 saat ini," ujar Syafruddin.

Program Kemanusiaan

Bagi adik mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Zulkifli Hasan ini, segala bentuk kebijakan harus berorientasi pada kemanusiaan. Sekaligus kebahagiaan warganya. Helmi Hasan tak bekerja sendirian. Seluruh pejabat Pemkot Bengkulu dilibatkan. Salah satunya lewat program Gerakan Peduli Yatim. Pejabat pemerintahan menjadi orangtua asuh bagi anak-anak yatim yang ada di Kota Bengkulu.

wali kota bengkulu helmi hasan berikan bantuan rasmie untuk seluruh warga yang tinggal di kota bengkulu
Wali Kota Bengkulu Membagikan Langsung Rasmie Kepada Warga Kota Bengkulu©2020 Merdeka.com

Helmi Hasan berkali-kali menegaskan kehadiran pemerintah untuk memancarkan kebahagiaan warganya dari berbagai aspek. Tengok saja ketika Helmi Hasan memperkenalkan HD Oto. Di mana mobil dinas wali kota dan wakil wali kota bisa digunakan warga secara gratis untuk kebutuhan pernikahan. Ada pula program Gerakan Peduli Siswa, Makan Akbar 1000 nampan pada Jumat berkah.

Belum lagi pemberian seragam gratis kepada murid SD dan SMP pada tahun ajaran baru. Di sektor Kesehatan, 25 unit ambulans disiapkan gratis untuk warga yang membutuhkan. Program-program yang mencerminkan kehadiran pemerintah di bidang sosial. Kehadiran itu dimulai sejak dari pemikiran hingga penerapan.

"Alhamdulillah kita mendapat rezeki setelah memenangi lomba inovasi daerah kemarin. Nah, hadiahnya nanti telah kita canangkan untuk membelikan seragam baru untuk murid SD dan SMP. Hal ini bertujuan meringankan warga yang masih banyak terdampak Covid–19 ini," ujar Helmi di hadapan warga saat menghadiri takziah di salah satu rumah warga di Kelurahan Tanah Patah, Kecamatan Ratu Agung, Senin (6/7/2020) malam.

wali kota bengkulu helmi hasan dan para anak yatim
Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan Bersama Anak Yatim©2020 Merdeka.com

Begitulah Helmi Hasan. Wali Kota Bengkulu yang terpilih dua periode ini, tersohor memiliki program-program mengedepankan kebutuhan warga. Dari aspek kesejahteraan ekonomi, kesehatan, maupun pendidikan. Tak heran jika dia sukses menduduki kursi wali kota Bengkulu di periode kedua meski tanpa melakukan kampanye yang biasanya menjadi komponen utama politik. Solidaritas kemanusiaan justru menjadi mesin pendulang dukungan warga. Ditambah visi dan misi politik Helmi Hasan yang dapat ditangkap dengan baik oleh masyarakat Kota Bengkulu.

(mdk/hhw)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami