Hina Satpol PP di Instagram, Netizen di Solo Serahkan Diri

Hina Satpol PP di Instagram, Netizen di Solo Serahkan Diri
PERISTIWA | 10 April 2020 13:01 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Aksi Satpol PP saat menertibkan warung susu segar di Jalan Veteran, Solo belum lama ini viral di media sosial. Salah satunya di akun Instagram @infocegatansolo. Hingga Jumat (10/4) pagi video yang diunggah sejak kemarin mendapatkan 8.790 like dan 499 komentar.

Selain komentar pro, salah satu warganet ada berkomentar pedas, bahkan dengan umpatan kata-kata tak pantas. Akun atas nama @benk_manzarek tersebut menuliskan kalimat 'Satpol PP ne Baj***** kabeh, a**', 'jangan pernah takut sama corona apalagi Satpol PP karena kita tidak menyembah mereka'.

Kabid Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satpol PP Solo, Agus Siswuryanto mengatakan, warganet yang melakukan penghinaan atas nama Mustofa Abdul Aziz (28) asal Gandekan tersebut sudah menyerahkan diri pada Kamis (9/4) sore. Selain meminta maaf, pelaku juga membuat surat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya.

"Kami sudah melakukan pembinaan terhadap yang bersangkutan. Dia mengaku khilaf dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan serupa yang dituangkan dalam surat pernyataan bermeterai," ujar Agus kepada merdeka.com, Jumat (10/4).

1 dari 1 halaman

Agus menambahkan, Pemkot Solo memang gencar melakukan sosialisasi terkait social distancing demi memangkas penularan Virus Corona atau Covid-19. Selain memanggil para pelaku usaha, pihaknya juga terus melakukan penertiban langsung ke lapangan.

Termasuk penempelan pengumuman bertuliskan 'jajan makan & minum silakan dibawa pulang. Tetap dirumah saja !! Jangan nongkrong' dan informasi penting berkaitan dengan virus corona lainnya.

Sebelumnya diberitakan, Satpol PP menertibkan sejumlah warung dan kafe di Solo yang tak menerapkan jaga jarak. Petugas bahkan terpaksa mengambil bangku yang masih digunakan oleh para pembeli. Para pembeli yang sedang menikmati kuliner khas Solo pun bingung dan harus menyudahi makan malamnya.

Seperti yang terjadi di warung susu segar Shi Jack, Jalan Veteran, Rabu (8/4) malam. Sejumlah pembeli yang sedang menikmati susu segar khas Boyolali harus bubar saat bangku yang mereka duduki diambil paksa Satpol PP.

Warung susu Shi Jack memang menjadi salah satu tempat nongkrong yang ramai di beberapa sudut Kota Solo pada malam hari. Selain susu segar dengan berbagai varian, warung juga dilengkapi dengan aneka makanan dan nasi kucing. Video aksi Satpol PP yang tak kenal kompromi tersebut viral di media sosial

Menurut Agus, pihaknya sudah lama memberikan imbauan kepada pemilik warung agar menerapkan jaga jarak. Di antaranya dengan hanya melayani pembeli untuk dibawa pulang. Namun pedagang masih banyak yang belum menerapkan anjuran pemkot sehingga pihaknya melakukan penindakan.

"Sebenarnya kita sudah lama melakukan sosialisasi kepada pedagang agar tidak memakai kursi dan tikar. Jadi tidak serta merta langsung kita tindak," tegasnya. (mdk/bal)

Baca juga:
Buruh di Kepri Ditangkap Karena Diduga Hina Jokowi di Media Sosial
Hina Jokowi dan Habib Lutfhi di Facebook, Sopir Ojek Online Ditangkap
Penahanan Mahasiswa Diduga Hina Jokowi Ditangguhkan, Polisi Jamin Proses Hukum Jalan
Pidato Hasutan Kebencian Politikus India Jadi Akar Kerusuhan Berdarah di Delhi
Dianggap Hina Jokowi, Mahasiswa UMS Jadi Tersangka Ujaran Kebencian
Dinonaktifkan Karena Diduga Hina Jokowi, Dosen Unnes Ngadu ke Kemendikbud

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami