Hoaks Covid-19 Bertebaran, Menkominfo Hubungi Petinggi Perusahaan Media Sosial

Hoaks Covid-19 Bertebaran, Menkominfo Hubungi Petinggi Perusahaan Media Sosial
PERISTIWA | 18 Oktober 2020 17:20 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengungkapkan data hoaks sepanjang pandemi Covid-19 yang bertebaran di dunia maya. Ada 2.020 sebaran informasi bohong terkait corona di empat platform media sosial.

"Empat platform digital sejumlah 2020 sebaran, di facebook 1.497, Instagram 20, di Twitter 482 dan di Youtube 21," ujar Plate dalam diskusi virtual, Minggu (18/10).

Dia melanjutkan, konten yang sudah di blokir sebanyak 1.759. Di antaranya 1.300 di Facebook, 15 konten di Instagram, 424 konten di Twitter dan Youtube ada 20.

"Tersisa yang dalam proses (ditindak) 261, Facebook 197, Instagram 5, Twitter 58 dan Youtube 1," ungkapnya.

Johnny mengaku semua menghubungi hampir semua pimpinan media sosial terkait hoaks Covid-19. Salah satunya CEO Youtube Susan Wojcicki.

"Hampir semua pimpinan pimpinan pemilik top eksekutif dari platform platform media sosial ini saya sudah hubungi yang di Amerika Serikat, terakhir saya berbicara dengan Susan Wojcicki CEO Youtube yang memberikan komitmen yang kuat di grupnya untuk sama sama mengatasi Covid-19 di dalam ruang digital atau hoaks di Indonesia," tuturnya.

Menurutnya, hoaks tersebut ada yang sudah dikategorikan sebagai tindak pidana oleh Polri. Hingga hari ini, ada 104 yang sudah menyandang status tersangka karena memproduksi dan menyebarkan hoaks. Sebanyak 17 di antaranya ditahan di Bareskrim dan di Polda Polda Indonesia.

"Kami bersama sama Bareskrim Polri bekerja around the clock, melalui patroli cyber Kominfo sehari 24 jam, ada tiga sif disana 7 hari seminggu, jadi tidak ada waktu kosong disana tidak ada tanggal merah bahkan tidak ada jam istirahat, around the clock, tiga sif sehari," ucapnya. (mdk/noe)

Baca juga:
Menkominfo Sebut Ribuan Konten Hoaks Pandemi Covid-19 Beredar di Medsos
Berseliweran Hoaks dan Mitos, Cari Informasi Vaksin Baiknya dari Sumber yang Benar
SBY Turun Gunung Dengar Empat Tuduhan Ini, Salah Satunya Ucapan Eks Pejabat Negara
Kasus Hoaks, Polisi Tangkap Anggota KAMI Syahganda Nainggolan
CEK FAKTA: Tidak Benar Anggota Polisi Mengundurkan Diri dan Bergabung ke OPM
CEK FAKTA: Tidak Benar Semua Aktivitas HP dan Sosmed Terpantau BSSN

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami