Hujan Angin di Garut Buat Pohon Tumbang dan Menimpa Kantor Wabup

PERISTIWA | 13 November 2019 19:40 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Hujan deras disertai angin kencang dan petir turun di Garut. Kencangnya angin membuat pohon tumbang dan menimpa bangunan kantor Wakil Bupati Garut di kompleks Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Seorang pegawai di Sekretariat Daerah Kabupaten Garut, Iman mengaku kaget saat pohon beringin yang berada di sekitar kantor tiba-tiba tumbang dan menimpa Kantor Wakil Bupati Garut.

"Saat pohon tumbang saya sedang di dalam kantor. Saya sudah agak curiga memang pada saat hujan turun deras disertai angin kencang," kata Iman di lokasi, Rabu (13/12).

©2019 Merdeka.com/Mochammad Iqbal

Iman mengaku sempat mendengar suara retakan pohon saat akan tumbang. Dia bergegas menyelamatkan diri karena takut tertimpa pohon.

Akibat tumbangnya pohon beringin tersebut, genting hingga atap gedung dua lantai tersebut rusak. Selain di sekitar kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Garut, angin kencang juga merusak sebuah warung bubur kacang di Jalan Pembangunan. Sejumlah dahan pohon berjatuhan tersapu angin.

1 dari 2 halaman

Enam Atap Rumah di Cilawu Beterbangan

Hujan dan angin kencang juga membuat atap enam rumah di Kecamatan Cilawu berterbangan. "Lokasi enam rumah yang atapnya terbang akibat angin puting beliung ini di Desa Mangkurakyat, RT 04/RW 05," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan.

Sofyan menyebut enam rumah tersebut diisi delapan keluarga. Karena kejadian tersebut, anak-anak yang tinggal di enam rumah tersebut dievakuasi ke rumah keluarga lain.

"Beberapa pemilik rumah ada yang langsung melakukan proses perbaikan agar bisa langsung ditinggali kembali," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Tiang Listrik Roboh

Kencangnya angin juga membuat sejumlah tiang listrik di Karangpawitan tumbang. Akibatnya, aliran listrik terputus.

"Kita juga sedang mendata wilayah lainnya terkait dampak dari hujan yang disertai angin kencang ini," tutupnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Ganti Pohon Angsana, DPRD DKI Usulkan Tanam Pohon Kurma
Panggil Kadis Kehutanan, Ketua DPRD DKI Minta Penebangan Pohon Disetop
Sejumlah Pohon Tumbang di Sukoharjo Akibat Hujan Es dan Angin Kencang
Pohon-Pohon di Kemang Juga Terancam Ditebang
Cuaca Buruk di Samarinda Sebabkan Pohon Tumbang dan Gangguan Penerbangan