Hungaria Sediakan Kuota 100 Beasiswa Untuk Mahasiswa Indonesia

PERISTIWA | 24 Januari 2020 10:20 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Perdana Menteri (PM) Hungaria Viktor Orbán Kamis (23/1) kemarin. Dalam pertemuan, Orbán menyampaikan kepada Jokowi bahwa Hungaria menyediakan kuota 100 beasiswa bagi mahasiswa Indonesia.

"Pemerintah Hungaria sediakan 100 scholarship bagi mahasiswa Indonesia dan sudah dibahas mengenai bidang-bidang yang akan digunakan oleh para mahasiswa," ungkap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/1).

Menurut Retno, Jokowi ingin sebagian besar beasiswa dari Hungaria diprioritaskan bagi mahasiswa Indonesia yang fokus di bidang sains dan teknologi.

"Itu yang kita prioritaskan," ujarnya.

Eks Dubes RI untuk Belanda ini melanjutkan, Hungaria juga menawarkan peningkatan kerja sama di bidang e-toll payment dan pembangunan rumah sakit yang fokus pada terapi kanker. Namun, Retno belum bisa menjelaskan lebih detail rencana peningkatan kerja sama tersebut.

"Sekali lagi detilnya akan dibicarakan lebih lanjut," ucap dia.

1 dari 1 halaman

Terpisah, Menlu Hongaria Peter Szijjarto menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah yang telah menyambut hangat kunjungan kehormatan Viktor OrbÃn. Dia juga memuji kemajuan ekonomi Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi.

"Kami menghargai kemajuan ekonomi Indonesia yang telah ditunjukkan pada tahun-tahun terakhir," kata dia.

Peter menyebut hubungan bilateral Hungaria dan Indonesia yang terjalin erat dapat menjadi modal baik bagi masa depan Uni Eropa dan kawasan ASEAN.

"Saya ingin menyatakan dukungan saya kepada semuanya, mengenai rencana kerja sama ke depan termasuk dana investasi, new export credit," tutup Peter. (mdk/lia)

Baca juga:
Menko Mahfud: Rusia Tawarkan Beasiswa Untuk 1.000 Pelajar Indonesia Tiap Tahun
Menteri Sofyan Djalil: Prototipe Investasi Hijau Bawa Pengelolaan SDA Lebih Baik
100 Mahasiswa di Riau Dapat Beasiswa Rp300 Juta dari PTPN V
Cerita Nata Sutisna Peraih Beasiswa Kuliah Kesulitan Berangkat ke Tunisia
Plt Gubernur Aceh Temukan Masalah dalam Proses Seleksi Penerima Beasiswa
Gubernur Anies Serahkan Beasiswa KJMU untuk 5.061 Mahasiswa Jakarta

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.