HUT ke-76 RI Tetap Meriah dengan Adanya Rumah Digital Indonesia

HUT ke-76 RI Tetap Meriah dengan Adanya Rumah Digital Indonesia
Konpers Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia. ©Setpres RI
NEWS | 30 Juli 2021 18:13 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno yakin kemeriahan HUT ke-76 RI akan tetap meriah, walaupun dilakukan dengan keterbatasan karena masih adanya pandemi Covid-19. Nantinya kata dia perayaan akan dilakukan secara virtual di rumah digital Indonesia.

"Tetapi keramaiannya di dunia virtual, di arena digital itu, bagaimana kegiatan yang secara luring itu bisa dilakukan secara daring. Bahkan bisa meramaikan secara daring berpartisipasi secara daring itu yang kita akan selenggarakan juga bagaimana bulan kemerdekaan di dunia virtual," katanya dalam konferensi pers bulan kemerdekaan dan rumah digital Indonesia dalam akun Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7)

Dia menjelaskan nantinya dalam program tersebut masyarakat dapat melakukan perlombaan secara virtual. Mulai dari balap karung, lomba makan kerupuk, hingga berbelanja untuk para UMKM.

"Arenanya digital, semangatnya tetap sama, ruangnya beda, daya juang perjuangan kemerdekaan tetap sama, berusaha untuk kemajuan Indonesia tetap sama," tambahnya.

Sementara itu Staf Khusus Presiden, Putri Tanjung menjelaskan dalam Rumah Digital meliputi berbagai aktifitas yang biasanya dilakukan secara offline. Nantinya bisa dilakukan secara online.

"Masyarakat bisa eksplore. Nantinya ada perlombaan 17 ada perlombaan bisa mengikuti khas 17, seperti makan krupuk, tarik tambang secara virtual," ungkapnya.

Dia juga menjelaskan masyarakat bisa berkompetesi tidak hanya di lingkungan RT/RW melainkan dengan seluruh masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu dia juga menjelaskan dalam ruang digital tersebut akan ada pasar lokal, bazar.

Masyarakat kata dia tentunya bisa berbelanja diarea bazar tersebut. Putri juga menjelaskan nantinya juga ada pameran foto-foto dari wartawan Kepresidenan yang menampilkan foto kegiatan di Istana.

"Ada panggung nasional, panggung utama dari rumah digital Indonesia. Konser banyak seniman mulai dari Jemimah, Yura Yunita dan upacara kenegaraan," katanya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Pendaftaran Peserta Upacara Virtual HUT ke-76 RI Dibuka, Ini Syaratnya
Rumah Digital Indonesia Persembahkan Festival Kemerdekaan Virtual Pertama & Terbesar
Mengintip Pameran Foto dan Grafis 75 Tahun Kemerdekaan RI
Mobilitas Masyarakat ke Tempat Wisata Selama HUT RI Meningkat Ekstrem
Tak Ada Pelarangan Mapala Kibarkan Bendera Merah Putih di Suralaya
Wapres Ma'ruf: di Tengah Pandemi Covid-19, Indonesia Harus Tetap Berkarya & Kreatif
HUT ke-75 RI, Pemerintah Terbitkan Empat Seri Prangko Terbaru

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami